Bajawa, Ekorantt.com –  Ruas jalan dari desa Nginamanu sampai desa Wolokuku, kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada berada dalam kondisi rusak parah

Selain berlubang, jalan tersebut  bergelombang-gelombong. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kecelakaan bagi siapa saja yang melewatinya, jika tidak berhati-hati. 

Sejumlah kendaraan roda empat harus mengurangi kecepatan jika melewati ruas jalan tersebut, sedangkan kendaraan roda dua harus lebih waspada untuk menjaga keseimbangan. 

Salah satu pengendara sepeda motor, Sever Bhula yang kerap melewati ruas jalan tersebut mengaku, ruas jalan dari desa Nginamanu ke Wolokuku sudah sampai dalam kondisi yang sangat memprihatinkan dan harus segera diperbaiki.

“Jalan ini sudah seharusnya diperbaiki kembali. Apalagi ini salah satu akses menuju taman 17 Pulau Riung,” jelas Sever.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Ngada telah menetapkan pariwisata sebagai prime icon pembangunan, sehingga faktor pendukung seperti akses jalan sangat dibutuhkan.

“Kita punya banyak potensi wisata alam yang indah, sehingga akses jalan menuju destinasi wisata sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Emanuel salah satu sopir mengaku prihatin melihat ruas jalan tersebut. 

Menurutnya, jalur tersebut sudah lama dibiarkan dalam kondisi rusak parah.

Eman, berharap agar pemerintah Kabupaten Ngada bisa memperhatikan ruas jalan tersebut, sehingga mobilitas masyarakat menuju 17 Pulau Riung dan sebaliknya tidak terganggu.

Diwawancarai terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ngada, Silvester Tewe di ruang kerjanya, Kamis, (10/10/2019) mengatakan, ruas jalan Nginamanu-Wolokuku merupakan jalan provinsi.

Pihaknya hanya menangani ruas jalan yang merupakan kewenangan daerah.

“Benar, ruas jalan itu dalam kondisi rusak. Status ruas jalan tersebut adalah jalan provinsi yang dimulai dari kecamatan Wolomeze-Nginamanu sampai Riung. Sementara kita hanya menangani jalan yang merupakan kewenangan kabupaten. Tetapi sejauh ini kita sedang melakukan komunikasi dengan dinas pekerjaan umum provinsi untuk segera diperbaiki”, tutup Silvester.

Belmin Radho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here