Jaga Kestabilan Harga, Bulog Flotim Gencar Lakukan Operasi Pasar Murah

Larantuka, Ekorantt.com – Perum Bulog Subdivre Larantuka gencar melakukan operasi pasar murah untuk menjaga kestabilan harga Bahan Kebutuhan Pokok (Bapok) di wilayah Kabupaten Flores Timur.

Operasi Pasar Murah dilakukan setiap hari untuk seluruh wilayah kelurahan di Kecamatan Kota Larantuka dan sekitarnya. 

Kepala Subdivre Perum Bulog Larantuka, Piter Dehan, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/10/2019) menjelaskan, selain di Pasar Daerah Larantuka sebagai titik utama, Operasi Pasar Murah juga menyasar kelurahan-kelurahan dengan mobil keliling.

Disebutkannya, ada beberapa komoditi pokok yang disiapkan dalam Operasi Pasar Murah yakni beras, minyak goreng, terigu, dan gula pasir.

“Antusias masyarakat sangat tinggi sebab komoditi pangan yang disiapkan Bulog relatif lebih murah dari harga pasar. Selain itu kualitas beras dan barang lainnya juga lebih bagus. Tiap harinya pangan yang disiapkan saat mobil keliling selalu habis dan laku terjual,” ungkap Piter.

iklan
Kepala Subdivre Perum Bulog Larantuka, Piter Dehan

Piter menjelaskan, untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga pangan di wilayah pelosok dan kepulauan seperti Pulau Solor dan Adonara, Bulog Larantuka membangun mitra dengan masyarakat untuk membentuk Rumah Pangan Kita (RPK).

Pihaknya menggandeng para pelaku usaha toko dan kios.

“Pihak Bulog sebagai penyedia stok bahan pangan sekaligus sebagai penyalur Bahan Kebutuhan Pokok masyarakat ke pelaku usaha. Saat ini di tiap-tiap wilayah desa di dua pulau ini sudah bermitra dengan Bulog. Kita lebih utamakan RPK sebab RPK cukup membantu menjaga ketersediaan bahan pangan di wilayah pelosok,” tutur Piter.

Piter melanjutkan, cadangan stok beras Flores Timur masih mecukupi hingga akhir tahun 2019.

Kendati demikian, Bulog akan tetap menjalankan Operasi Pasar Murah demi menjaga stabilitas harga Bahan Makanan Pokok (Bapok).

“Tugas Bulog tidak saja hanya menjamin ketersediaan bahan makanan pokok dan menurunkan harga yang melonjak, tetapi juga Bulog bertugas untuk tetap menjaga kestabilan harga,” tegas Piter.

Piter menambahkan, pihaknya juga menjajakan Bapok di teras depan Kantor Bulog Larantuka yang berlamat di Jalan Ileboleng, Kelurahan Puken Tobi Wangin Bao, Kecamatan Kota Larantuka.

“Harganya sama dengan saat mobil keliling. Beras Rp9.000 per kilogram,” jelas Piter.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA