Pose bersama masyarakat peduli mangrove usai penanaman anakan mangrove di dekat lokasi proyek jalan lintas luar Borong, Sabtu (16/11/2019)

Borong, Ekorantt.com –  Warga yang tergabung dalamkelompok pencinta mangrove Kota Ndora-Borong, Manggarai Timur melakukan penanaman 687 anakan mangrove di dekat lokasi proyek jalan lintas luar Borong, Sabtu (16/11/2019).

Kelompok ini terdiri dari masyarakat, Pemerintah Kelurahan Kota Ndora, Koramil Borong, Kelompok Pencinta Alam SMA Katolik Pancasila Borong, dan Kelompok Pecinta Alam Kota Ndora.

Kepada awak media, Plt Lurah Kota Ndora Yoseph Sunardi P. Dani mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita dalam melestarikan mangrove. Untuk itu, dibutuhkan kerja sama dan saling dukung antara pemerintah dan masyarakat

“Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi. Mangrove ini tanggung jawab kita untuk menjaganya. Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi,” kata Yoseph.

Menurutnya, mangrove bisa dijadikan aset wisata dan ekonomi bagi masyarakat. Karena itu, butuh keterlibatan bersama untuk menanam dan merawat mangrove.

Sementara itu, salah seorang warga Kampung Ende, Junaidi Soleman meminta pihak yang berwewenang untuk serius mengawasi area mangrove agar terawat dengan baik.

“Kami minta kepada aparat dan pak lurah  untuk perketat lagi untuk menjaga mangrove ini, karena selama ini banyak hewan peliharaan yang masuk ke mangrove ini,” tuturnya.

Sementara itu, Rahmat Junaidi, anggota Kelompok Pecinta Alam Mangrove Kota ndora sangat mendukung kegiatan ini.

“Kami dari Kelompok Pencinta Mangrove Kota Ndora sangat mendukung kegiatan ini. Apapun bentuknya, yang penting untuk melindungi Mangrove di Kota Ndora,” tutupnya.

Adeputra Moses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here