Kesebelasan PSN Ngada pose bersama sebelum laga melawan Palopo 1958 dalam babak 32 besar Liga 3 Nasional di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Sabtu (14/12/2019). FERDYBURAH/EKORANTT

Gresik, Ekorantt.com – Perjuangan Persatuan Sepakbola Ngada (PSN) memetik poin penuh pada laga kedua putaran 32 besar Liga 3 Nasional kandas. Laskar Jaramasi ditahan imbang kesebelasan Palopo 1985 dengan skor 2 – 2 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Sabtu (14/12/2019) petang. Kesebelasan sepak bola asal Ngada, NTT ini hanya sanggup bawa pulang 1 poin.

Unggul dalam penguasaan bola, tim besutan Pelatih Kepala Kletus Gabhe kesulitan membongkar lini pertahanan Palopo yang menerapkan taktik bertahan. Palopo 1958 unggul cepat pada menit 4’ melalui sepakan keras pemain bernomor punggung 24. Striker Palopo 1958 ini memanfaatkan umpan sepak pojok yang tidak ditepis dengan sempurna oleh kiper PSN Ngada.

Tersentak oleh gol cepat Palopo, PSN Ngada mencoba bangkit membangun serangan. Berbagai peluang dikreasi. Pada menit 9’ dan 10’, para gelandang PSN Ngada gagal memaksimalkan peluang tendangan bebas karena kiper Palopo mampu menepisnya dengan mudah. Peluang emas tercipta lagi pada menit 14’. Berhasil menguasai umpan lambung dari Ivan Gula, Yoris Nono mencontek bola ke arah gawang yang ditinggal maju kiper Palopo. Sayang, bola masih melebar sepersekian sentimeter dari gawang. Tendangan bebas Okta Pone dari jarak sekitar 18 meter dari mulut gawang pada menit 24’ juga masih gagal mengoyak gawang Palopo. Babak pertama berakhir dengan skor 1 – 0 untuk keunggulan Palopo 1958.

Memasuki babak kedua, PSN Ngada mencoba meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya, pada menit 56’, Yoris Nono mampu menjebol gawang Palopo melalui sebuah sundulan maut usai menerima umpan lambung Dejan, sang Defender. 6 menit berselang, tepatnya pada menit 62’, PSN Ngada menggandakan keunggulan melalui gol dari Okta Pone. Striker bernomor punggung 10 itu memanfaatkan blunder pemain belakang dan kemelut di depan gawang Palopo.

Tertinggal 1 – 2 bikin para pemain Palopo menambah intensitas serangan. Hasilnya, 6 menit berselang usai gol kedua PSN Ngada, Palopo menyamakan kedudukan melalui striker bernomor punggung 90. Menerima umpan silang dari rekannya, dia, yang berdiri dalam posisi tak terkawal, dengan mudah memperdayai kiper PSN Ngada. Skor 2 – 2 bertahan hingga laga usai.

Manager PSN Ngada Ferdy Burah saat dimintai komentarnya usai laga, Sabtu (14/12/2019) mengaku, para pemain bermain di bawah performance terbaik. Para pemain juga melakukan banyak kesalahan mendasar. Menurut dia, gol Palopo tak perlu terjadi kalau para pemain bermain disiplin dan mengikuti instruksi pelatih.

“Di babak pertama, kita tertinggal 1 gol di menit awal. Ditambah lagi kepemimpinan wasit. Kenapa wasit dari Sulewasi semua? Tapi, okelah. Kita memang harus akui Palopo satu tim yang kuat. kita berusaha kejar ketertinggalan hingga unggul 2 – 1, tetapi karena lengah dibalas menjadi 2 – 2,” ungkapnya.

Ferdy juga menyoroti kinerja lini tengah yang belum padu dan bermain di bawah performance terbaik. Banyak bola lolos dari kawalan lini tengah. Satu di antaranya berhasil dikonversi Palopo menjadi gol. Menurut dia, lini tengah memang menjadi titik kelemahan PSN Ngada dan harus diperbaiki.

Di samping itu, menurut Ferdy, kegagalan timnya meraup poin penuh dalam laga ini karena Palopo bertahan total. Oleh karena itu, serangan timnya menjadi tidak intens. Ditambah lini tengah yang belum padu mendukung striker, timnya kian sulit membongkar pertahanan lawan. Kadang, pemain tengah tidak memanfaatkan bola yang pental.

Akan tetapi, Ferdy bersyukur timnya bisa petik hasil draw melawan Palopo. Sebab, bagaimana pun juga, Palopo adalah salah satu tim kuat dari Sulawesi. Laga ini akan menjadi bahan evaluasi bagi timnya untuk melakoni laga-laga selanjutnya dengan all out.

Menurut Ferdy, komposisi klasemen menunjukkan, semua tim di Grup F masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Namun, menurut dia, PSN Ngada memiliki peluang yang lebih besar dari pada tim lainnya. Dengan hasil laga ini, PSN Ngada memimpin sementara klasemen Grup F dengan 4 poin hasil dari 1 kemenangan dan 1 seri.

Menurut Ferdy, dengan hasil draw saja melawan Putra Sinar Giri pada pekan depan, timnya bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar. Oleh karena itu, pihaknya bersama tim pelatih akan menginstruksikan para pemain untuk bermain all out pada laga melawan Putra Sinar Giri pada Senin besok.

Statistik Pertandingan PSN Ngada Vs Palopo 1958

No. PSN Ngada Palopo 1958
Shoots on goal 11 5
Gol 2 2
Tendangan pojok 10 1
Tendangan bebas 2 0
Kartu kuning 1 3
Kartu merah 0 0

Pada Senin, 16 Desember 2019 sekitar pukul 16.30 WITA, PSN Ngada akan bersua dengan Putra Sinar Giri di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur. Berhasil mengantongi poin penuh atau poin satu pada laga tersebut akan langsung mengantar PSN Ngada melenggang masuk ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Ngada Mania bisa nonton laga ini via live streaming di channel Youtube “Ngada Mania TV.“



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here