Pose bersama usai diskusi antara Yayasan Ayo Indonesia, Asosiasi Petani Kopi Manggarai (ASNIKOM), pengusaha kopi asal Jepang, pengusaha cafe dan pengurus MPIG-KAFM di Cafe Kopi Mane-Ruteng, Kamis (9/1/2020)

Ruteng, Ekorantt.com Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis-Kopi Arabika Flores Manggarai (MPIG-KAFM) meyakini, Kopi Arabika Flores-Manggarai telah mendapat tempat di hati penikmat kopi.

Yoseph Janu selaku Ketua MPIG-KAFM menegaskan, cita rasa khasnya tidak hanya menggiurkan penikmat kopi lokal maupun nasional, tetapi aromanya telah menyebar hingga ke pasar internasional.

Usai pertemuan bersama Yayasan Ayo Indonesia, Asosiasi Petani Kopi Manggarai (ASNIKOM), pengusaha kopi asal Jepang, pengusaha cafe dan pengurus MPIG-KAFM di Cafe Kopi Mane-Ruteng, Kamis (9/1/2020) Janu menegaskan, pihaknya berusaha memasarkan Kopi Arabika Flores-Manggarai ke Jepang.

Menurut Janu, Jepang merupakan negara dengan penikmat kopi terbesar di Asia. Hebatnya lagi, penikmat kopi di sana sudah paham betul dengan karakteristik Kopi Manggarai.

“Walaupun penikmat utama kopi di negara ini lebih menyukai kopi asal Indonesia yaitu dari Toraja sejak bertahun-tahun yang lalu. Kopi kita sudah beredar di negara ini tapi pakai label kopi lain,” jelas Janu.

Janu menegaskan, MPIG-KAFM mencoba dan berdiskusi agar Kopi Arabika Flores-Manggarai mampu merambah pasar Jepang dengan brand sendiri.

“Karena warga Jepang hanya tahu bahwa Flores hanya ada komodo. Dan mereka belum terlalu tahu, kalau kita punya kopi yang memiliki cita rasa yang tinggi dan tak kalah saing dengan Kopi Toraja yang sudah mengakar di negara tersebut,” jelasnya.

Janu berharap, melalui diskusi tersebut, MPIG-KAFM bekerjasama dengan berbagai stakeholder mampu melambungkan Kopi Manggarai ke level yang lebih tinggi pada masa mendatang.

“Agenda yang cukup berat ke depan karena begitu ketatnya barang atau komoditi yang akan dipasarkan di Jepang.  Tentu dengan kualifikasi yang ketat dan juga menjaga kesinambungan. Tapi kita optimis,” tegasnya.

Adeputra Moses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here