Mama Yosephina

Maumere, Ekorantt.com – Mama Yosephina, demikian perempuan sepuh  ini biasa disapa. Aktivitas sehari-harinya adalah membantu anaknya menjaga kios sembako di Dusun Blawuk A, Desa Nebe, Kecamatan Talibura.

Oleh warga seputaran Nebe, mama Yosephina populer sebagai sosok seorang nenek gaul yang unik dan pengecualian dari kebanyakan orang-orang tua lainnya. Apalagi untuk seorang yang tak tamat Sekolah Rakyat (SR).

Di lapak kios milik anaknya, selain sembako dijual juga pulsa. Mulai dari pulsa listrik sampai dengan pulsa untuk telepon genggam. Dari berjualan pulsa inilah mengharuskan mama Yosephina berkenalan dengan handphone (HP).

“Saya terpaksa belajar gunakan hp to karena kalau orang beli pulsa saya juga harus bisa layani. Awalnya itu pakai hp Noksen. Noksen itu nokia senter tadi,” ujar Yosefina sambil tertawa.

Dari ‘Nokia senter’ Yosefina diperkenalkan dengan android.

“Sekarang mama sudah pakai android untuk layani orang beli pulsa. Mama juga bisa pakai android untuk baca-baca berita dan akses YouTube untuk dengar lagu-lagu kesayangannya,” ujar Anna, putri dari mama Yosefina ini penuh semangat.

Anna mengungkapkan, mamanya memang selalu bertanya dan tidak mau kalah dengan cucu-cucunya.

Gonda dan Rensus warga Blawuk yang mampir membeli pulsa di kios mengakui kepiawaian Yosefina menggunakan android.

“Untuk isi pulsa gunakan android kami ini saja tidak bisa, tapi untuk mama Yosephina itu hebat e,” ujar Rensus.

Sementara mama Yosephina ketika mendapat pujian dari pembeli hanya tersenyum dan menyatakan ia sendiri juga selalu was-was.

“Sebenarnya gampang hanya sentuh saja tetapi saya juga hati-hati karena kalau tekan salah nomor bisa tekor,” katanya sambil tertawa.

Yuven Fernandez

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here