Pegadaian Imbau Masyarakat Waspada dengan Lelang Online

Jakarta, Ekorantt.com – Masyarakat diminta berhati-hati terhadap informasi lelang online melalui media sosial seperti instagram, facebook, dan sebagainya, karena Pegadaian sampai saat ini tidak mempunyai program lelang secara online.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero) R. Swasono Amoeng Widodo  menegaskan, sampai saat ini Pegadaian tidak melakukan lelang secara online

“Lelang barang jaminan yang jatuh tempo dilakukan di Kantor Cabang Pegadaian, bazar, atau pameran. Jadi transaksinya dilakukan secara langsung sehingga nasabah dapat memilih dan meneliti barang yang akan dibeli. Setelah terjadi kesepakatan harga, baru dilakukan pembayaran,” ujarnya.

Lebih lanjut Amoeng menjelaskan, saat ini beredar akun-akun media sosial yang menawarkan emas, laptop, handphone, dan barang-barang lainnya dengan harga murah.

Barang-barang tersebut ditawarkan melalui akun media sosial dengan menggunakan nama pegadaian, pegadaian syariah, the gade dan sebagainya.

iklan

Untuk meyakinkan calon korban, pemilik akun mengambil foto atau video karyawan Pegadaian dan memalsukan identitasnya. Kemudian masyarakat yang tergiur akan melakukan komunikasi melalui nomor yang dipublikasikan pada akun palsu tersebut.

Selanjutnya pelaku meminta transfer sejumlah uang sebagai uang muka transaksi dan menjanjikan akan mengirim barang yang dibeli. Akan tetapi barang tersebut tidak dikirim, nomor pelaku tidak aktif, dan rekening bank yang sebelumnya menerima transfer pun ditutup.

Amoeng mengimbau kepada masyarakat untuk hati-hati dan waspada. Agar terhindar dari tindak penipuan. Amoeng menyampaikan beberapa tips :

  1. Masyarakat diminta melakukan transaksi lelang secara langsung di kantor cabang, bazar, atau pameran yang dilakukan oleh Pegadaian
  2. Pegadaian tidak pernah menjual barang jauh dibawah harga pasar. Oleh karena itu penawaran harga yang tidak wajar biasanya merupakan tindak penipuan, pemalsuan, atau barang tersebut adalah hasil kejahatan
  3. Apabila mendapatkan informasi mengenai lelang, masyarakat agar melakukan konfirmasi ke outlet-outlet Pegadaian terdekat, telpon ke call center Pegadaian 021-1500569 atau Pegadaian pusat 021-3155550
  4. Masyarakat diminta agar tidak mentransfer uang ke rekening yang tidak dikenal.

“Perkembangan teknologi di satu sisi sangat membantu kita dalam melakukan banyak hal, termasuk berbagai transaksi keuangan. Akan tetapi teknologi juga sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan. Maka kita harus selalu hati-hati dan waspada,” pungkasnya.

Sumber: Pegadaian.co.id

TERKINI
BACA JUGA