Sensus Penduduk Online Dimulai, Bupati Anton Minta Masyarakat Jujur

Larantuka, Ekorantt.com – Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus G. Hadjon melakukan sensus penduduk tahun 2020 perdana secara online di Desa Riangkemie, Kecamatan Ilemandiri, Kabupaten Flores Timur, Sabtu (15/02/2020) siang.

Pengisian data dan identitas pribadi oleh Bupati Anton didampingi langsung oleh Kornelis Lonek Ama, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Flores Timur.  

Bupati Anton kepada Ekora NTT mengatakan, sensus penduduk dengan memanfaatkan kemajuan sistem Informasi dan teknologi adalah jembatan menuju kebijakan tata kelola data pemerintah yang akurat, muktahir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karena itu, jelas Bupati Anton, sensus penduduk online mesti menjadi momentum bagi masyarakat untuk menyampaikan secara jujur tentang identitas pribadi masing-masing.

“Pola ini bisa lebih memberikan ruang kepada masyarakat untuk proaktif mengisi data-data yang dibutuhkan untuk sebuah sensus. Ini juga menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk boleh membuat pernyataan yang jujur terkait dengan kondisinya sendiri,” jelasnya.

iklan

Dalam rangka mempercepat proses sensus penduduk tahun 2020, Bupati Anton mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), perangkat pemerintah dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa untuk wajib melakukan sensus penduduk dengan menggunakan sistem online.

“Target kita pada tahun perdana pelaksanaan sensus dengan menggunakan sistem online di kabupaten Flores Timur cukup besar. Satu-satunya cara yang paling sederhana adalah bagaimana pemerintah mengintervensi dirinya,” bebernya.

Secara alamiah, pola sosialisasi seperti ini akan menjalar ke masyarakat yang lainnya.

“Hari Senin nanti saya sampaikan dalam apel kesadaran agar semua ASN mulai memanfaatkan sistem online untuk sensus tahun 2020,” tegas Bupati Anton.

Bupati Anton kembali menegaskan bahwa masyarakat harus jujur menggambarkan identitas diri dalam sensus penduduk secara online.

TERKINI
BACA JUGA