BPS Flotim Rekrut 600 Petugas Sensus

Larantuka, Ekorantt.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Flores Timur membutuhkan sekitar 600 petugas sebagai pencacah sensus penduduk tahun 2020.

“Prediksi awal, kita butuhkan 600 petugas yang tersebar di wilayah Kabupaten Flores Timur secara keseluruhan,” kata Kepala BPS Flores Timur Kornelis Lonek Ama saat dikonfirmasi Ekora NTT, Senin (16/02/2020).

Kornelis menjelaskan, petugas yang dibutuhkan untuk sensus penduduk tahap wawancara sangat tergantung pada keberhasilan pelaksanaan sensus penduduk online.

Yang jelas jumlah petugas yang dibutuhkan dapat diketahui saat verifikasi dan validasi data pada bulan Mei nanti.

“Dari jumlah KK yang sudah melakukan sensus online lengkap dengan sendirinya akan tergambar berapa banyak jumlah petugas yang dibutuhkan. Sebab pada saat sesi wawancara KK yang sudah melakukan SP online lengkap, tidak lagi didatangi petugas,” sebut Kornelis.

iklan

Perekrutan petugas sensus, jelas Kornelis, akan dilakukan secara terbuka. Pelamar akan mengikuti tahap seleksi tertentu antara lain mengikuti tes psikologi dan wawancara.

Salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh pelamar adalah harus mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan harus memiliki HP Android.

Selain itu, urai Kornelis, pelamar minimal berijasah SLTA. Standar jenjang pendidikan menjadi penting sebab petugas sensus diharapkan dapat menguasai Standar Operasional Sistem (SOP) kegiatan sensus penduduk.

Pelamar juga diharapkan mampu menguasai metodologi, konsep, dan teori yang memuat 5 aspek perumahan dan 17 identitas individu dalam format sensus yang dapat diterapkannya pada saat sensus penduduk wawancara.

“Kegiatan pelatihan dan pembekalan yang sesuai SOP dilakukan hanya sehari sehingga paling tidak yang bersangkutan memiliki daya tangkap yang lebih,” urai Kornelis.

“Perekrutan petugas BPS dalam SP 2020 ini akan diumumkan pada bulan Mei. Pendaftaran langsung dilakukan di kantor BPS Flores Timur,” tambahnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA