Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI), Terawan Agus Putranto berdialog dengan pasien DBD di RSU TC Hilers, Senin (9/3/2020)

Maumere, Ekorantt.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI), Terawan Agus Putranto berkunjung ke Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Senin (9/3/2020).

Dalam kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) T.C Hillers Maumere, Terawan meminta semua pihak untuk bersama-sama memerangi wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Pesan saya, jangan pernah kendor. Konsentrasi menyelamatkan dari bencana wabah DBD KLB ini,” ujarnya.

“DBD ini harus bisa diselesaikan karena itu wabah yang harus bisa dihentikan,” tambahnya.

Menkes Terawan mengatakan, angka 1.290 kasus DBD bukan angka yang kecil. Itu jumlah yang sangat besar, apalagi sudah ada 13 orang yang meninggal karena DBD.

“Saya datang ke sini atas arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo. Beliau titipkan salam hormat buat semua yang sudah bekerja luar biasa melalui arahan Bupati Sikka dan juga Muspida. Dimana ada dokter dan perawat yang sempat ikut sakit DBD. Itu sungguh perjuangan yang luar biasa, ” ungkapnya.

Terawan berharap, semua pihak terus bekerja untuk menangani masalah DBD.

“Terus semangatnya membara. Perlawanan kita belum berakhir. Tadi masih ada 150 kasus. Lumayan turun tapi 150 itu satu kompi, masih banyak,” sebutnya.

“Karena itu saya datang dari Jakarta membawa tenaga medis dari TNI, dari sipil, ada dokter anak, dokter penyakit dalam, termasuk perawat ikut membantu dan mereka akan tinggal di sini,” tambahnya.

Terawan memaparkan, DBD telah merenggut nyawa 32 warga NTT. Pihaknya prihatin. Kedepan Kemenskes akan terus mendukung dan memantau penanganan DBD di NTT, khususnya di Sikka.

Kemenkes, lanjut Terawan, akan menyiapkan baik tenaga maupun sarana dan prasarana dalam usaha memerangi DBD.

“Staf saya juga akan tinggal di sini untuk membantu. Saya minta juga aparat TNI, Polri membantu dalam preventif dan promotif termasuk gerakan 3 M pemeriksaan jentik terus dilakukan sebagai upaya pencegahan,” kata Terawan.

Kedatangan Menkes Terawan ke Maumere bersama Wakil Ketua komisi IX DPRD RI, Emanuel M. Laka Lena, Kepala Puskes TNI, Mayor Jenderal TNI dr. Bambang Dwi Hasto bersama tenaga medis yang terdiri dari 3 Dokter spesialis anak, 2 dokter spesialis penyakit dalam, dan 13 perawat untuk membantu penanganan DBD di Sikka.

Di Maumere, Menkes Terawan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) T.C Hillers Maumere, Kabupaten Sikka. Ia menjenguk para pasien DBD di ruangan rawat inap dan berdialog dengan beberapa pasien anak yang sedang dirawat di rumah sakit tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here