Pembagian leaflet dan stiker kampanye anti korupsi dan suap oleh staf PN Bajawa

Bajawa, Ekorantt.com -Pengadilan Negeri (PN) Bajawa berkomitmen menjadikan wilayah hukumnya sebagai zona integritas yang bebas dari korupsi dan suap, termasuk dalam tubuh lembaga penegak hukum itu sendiri.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, sejak 2019, PN Bajawa telah mencanangkan kegiatan kampanye bertajuk “Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam kegiatan itu, PN Bajawa melakukan long march sambil kampanye anti korupsi dan suap kepada masyarakat.

Pada tahun ini, PN Bajawa kembali melakukan kegiatan yang sama.

Pantauan Ekora NTT pada Jumat (20/3/2020), pihak PN Bajawa menyusuri beberapa titik keramaian di Kota Bajawa untuk kampanye anti korupsi dan suap.

Kampanye itu mereka lakukan secara lisan; dan tertulis, yakni melalui leaflet dan stiker.

Ketua PN Bajawa Herbert Harefa mengatakan, aksi tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada publik, bahwa PN Bajawa adalah lembaga hukum yang anti terhadap korupsi dan suap.

“Kami turun ke jalan-jalan, turun ke pasar, turun ke terminal untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa kami anti terhadap korupsi dan anti terhadap suap,” ungkap Herbert kepada Ekora NTT usai kegiatan kampanye tersebut.

Menurutnya, sebagai lembaga penegak hukum yang berkomitmen melawan korupsi, suap, dan perbuatan melawan hukum lainnya, PN Bajawa telah menyiapkan beberapa sarana pelayanan masyarakat yang transparan dan bisa diakses oleh siapa saja secara online, seperti website, facebook, Youtube chanel, dan beberapa aplikasi berbasis android/web.

Berikut link dan nama sarana-sarana tersebut:

  • Youtube Chanel: Pengadilan Negeri Bajawa
  • Aplikasi Pelayanan: https://ecourt.mahkamahagung.go.id/ (Aplikasi e-Court yaitu Aplikasi Pendaftaran Perkara Perdata Online); https://eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id/ (Aplikasi Eraterang yaitu Aplikasi untuk pengajuan permohonan Surat Keterangan Tidak Pernah di Pidana, Tidak Sedang dicabut hak pilihnya dan Surat Keterangan lainnya); http://sipp.pn-bajawa.com/ (Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara di Pengadilan Negeri Bajawa, Aplikasi ini berfungsi agar pencari keadilan dapat mengetahui dan mengakses informasi Perkara secara terbuka); https://siwas.mahkamahagung.go.id (Aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Mahkamah Agung yaitu Aplikasi untuk layanan pengaduan masyarakat); dan Aplikasi “Beta Gesit” berbasis android/web yang akan segera dirilis. (Aplikasi “Beta Gesit” yakni aplikasi untuk produk hukum pengadilan dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat, kepolisian dan kejaksaan).

Selain kampanye anti korupsi dan suap, kegiatan itu juga diisi dengan pembagian Vitamin C secara gratis dan sosialisasi hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

“Di tengah merebaknya wabah Virus Corona ini, kita membagi-bagikan vitamin karena vitamin lebih penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia,” ujar Herbert.

Belmin Radho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here