Minggu, 5 Juli 2020

Bermula dari Hobi, Yos Lamury Panen Rezeki dari Bisnis Tanaman Hias

- Advertisement -

Maumere, Ekorantt.com – Bermula dari hobi, Yos Lamury (45) kini jadi salah satu kolektor penyedia tanaman hias di Kota Maumere. Bisnis kecil-kecilan ini bermula dari hobi, tuturnya ketika disambangi Ekora NTT di Jalan Litbang, tempat ia mengontrak tanah berukuran 2.000 meter persegi untuk usahanya itu.

Area kontrakan Yos ini kini jadi kebun bunga yang asri. Penuh aneka bunga dan tanaman hias lainnya. Nama kebun bunga ini adalah Yankris Nursery. Nama Yankris mengacu pada gabungan nama dua buah hatinya yakni Yano dan Krisna.

Kepala Seksi Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka ini mengakui bahwa ia memulai menekuni hobi menanam bunga dan tanaman hias lainnya sejak kuliah di Jakarta.

“Sebetulnya saya manfaatkan waktu luang untuk bekerja pada usaha tanaman hias milik paman. Dan saya digaji Rp20.000/minggu,” kenang Yos.

Jalan hidup seseorang memang sulit ditebak. Usai kuliah dan kembali ke kampung halaman Boru, Wulanggitang-Flores Timur, Yos sempat menganggur karena belum mendapatkan pekerjaan.

Dirinya kemudian memanfaatkan waktu di rumah dengan mulai menekuni usaha keci-kecilan tanaman hias. Modal pengetahuan yang diperoleh selama di Jakarta ia kembangkan. Ternyata usaha rumahannya di Boru itu berkembang cukup pesat.

Yos mengenang ketika tahun 2007, para peziarah prosesi Semana Santa kembali dari Larantuka, ia lalu memajang aneka tanaman hias di depan rumahnya.

Bunga-bunga koleksi yang memang sedap dipandang itu lalu membuat banyak peziarah berhenti lalu membeli bunga di depan rumahnya di Boru.

“Saya dapat dua juta rupiah waktu itu, dalam hati langsung tambah semangat dan menggebu-gebu sekali untuk mau serius dengan hobi ini. Saya semakin bersemangat untuk menanam bunga lebih banyak lagi,” ujar Yos.

Tahun 2008, setelah mengikuti test, Yos lulus menjadi PNS dan resmi bekerja di kabupaten Sikka.

Semua koleksi bunganya di Boru, Flores Timur dibawanya ke Maumere. Ia lalu menjual di rumah yang ditempatinya di Ili Getang Maumere.

Kini siapa sangka bahwa bermula dari hobi Yos lalu mengontrak lahan untuk memperluas usahanya. Tanaman hias koleksinya kini beraneka rupa. Sampai dengan saat ini ada sepuluh instansi di Kabupaten Sikka yang menyewa secara rutin aneka tanaman hiasnya.

Menurut suami dari Beatrix Kewa Boli ini, aneka tanaman hias koleksinya pun dipesan untuk acara-acara pesta atau pun hajatan lainnya di Kota Maumere.

Untuk pesan, dihitung per paket. Semisal 20 pot biayanya Rp 500.000. Yos menyiapkan sendiri mobil pick up untuk antar jemput bunga. Sang istri juga setia membantu mengantar bunga-bunga ke kantor yang memesan.

“Yang banyak dipesan baik itu di kantor atau pun untuk dekorasi pesta adalah pucuk merah, bonsai dan mawar Jambi,” ujar Beatrix.

Keuntungan dari bisnis tanaman hias ini pun lumayan menggiurkan. Yos dan sang istri dengan nada merendah mengatakan kalau ramai bisa sebulan pemasukan bisa mencapai Rp20.000.000.

Sayangnya sejak merebaknya wabah Covid-19 pemasukan dari bisnis tanaman hias ini turun drastis. Keduanya mengatakan selama beberapa minggu belakangan ini belum ada lagi pesanan.

Yos pun bertekad terus menjalankan hobinya ini. Menurutnya hobi mesti diikuti dengan komitmen apalagi kalau sudah mulai merambah ke usaha bisnis kecil-kecilan.

Selama beberapa pekan tanpa pemesan Yos berikthiar, tak ada kata menyerah ketika gagal.

“Intinya tiak boleh ada kata gagal dan menyerah. Hilangkan pikiran bahwa hari ini kerja dan langsung orang datang beli. Bekerjalah dengan hati, segala sesuatu akan indah pada waktunya,” demikian penegasan Yos. Proficiat om Yos.

Yuven Fernandez

TERKINI

‘Detusoko Rest Area’ Siap Jadi Tempat ‘Display’ Produk Wisata Desa

Ende, Ekorantt.com – Taman Nasional (TN) Kelimutu mendukung potensi agrowisata Detusoko sebagai salah satu desa penyangga Kelimutu. Kali ini, dukungan itu ditunjukkan lewat pembangunan...

Hidupkan Geliat Ekonomi, Desa-Desa Wisata Diminta Kembali Dibuka

Jakarta, Ekorantt.com – Demi menghidupkan kembali geliat ekonomi di desa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meminta desa-desa...

Miliki Laboratorium TCM, RSUD Tc Hillers Maumere Prioritaskan ODP dan PDP

Maumere, Ekorantt.com - Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo didampingi Wakil Bupati, Romanus Woga meresmikan laboratorium Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum Daerah...

Sebut Flores Bukan Wilayah Karts yang Dilindungi, Bupati Agas: Entah itu benar atau tidak, saya bukan ahli geologi

Borong, Ekorantt.com - Dalam dialog dengan mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi menolak pabrik semen dan tambang batu gamping di Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba...

BACA JUGA

Kemenkop UKM Terus Gulirkan Relaksasi Pembiayaan bagi Koperasi di Tengah Pandemi

Jakarta, Ekorantt.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan, sebanyak 40 koperasi yang merupakan mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM sudah 100...

Demo Mahasiswa Tolak Tambang di Matim, Begini Tanggapan Bupati Agas

Ruteng, Ekorantt.com - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ruteng dan GMNI Cabang Manggarai menggelar aksi demonstrasi di Kantor Bupati Manggarai Timur, Kamis...

SWI Temukan 105 ‘Fintech Peer To Peer Lending’ Tanpa Izin

Kupang, Ekorantt.com - Satgas Waspada Investasi (SWI) berhasil menemukan 105 fintech peer to peer lending ilegal yang menawarkan pinjaman ke masyarakat melalui aplikasi dan...

Tertimbun Longsor Tebing, Seorang Penambang Pasir di Manggarai Tewas

Ruteng, Ekorantt com – Longsor tebing di Penggalian Pasir Cunca Durang, Kelurahan Golo Dukal, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai membawa petaka. Pasalnya, Alexander R....

Plan Indonesia Bagikan APD untuk Puskemas di Kabupaten Lembata

Lewoleba, Ekorantt.com - Untuk mendukung upaya pemerintah menghentikan penyebaran COVID-19, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) menyumbang Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan...

Miliki Laboratorium TCM, RSUD Tc Hillers Maumere Prioritaskan ODP dan PDP

Maumere, Ekorantt.com - Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo didampingi Wakil Bupati, Romanus Woga meresmikan laboratorium Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum Daerah...

Kisah Perawat Charolin di Pulau Palue, Nikmatnya Mabuk Laut hingga Naik Turun Gunung

Maumere, Ekorantt.com - Mengabdi selama kurang lebih lima tahun di Pulau Palue punya kesan tersendiri bagi Maria Mahendra Charolin. Dara 28 tahun ini adalah...

Johnny Plate Minta Masyarakat Manfaatkan Internet Desa untuk Kegiatan Produktif

Larantuka, Ekorantt.com - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny G. Plate meminta masyarakat desa agar memanfaatkan akses internet untuk kegiatan produktif. Hal...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here