Penyerahan BLT di Satarmese Utara, Bupati Deno: ‘Neka Pake Seng So’o Kudut Weli Kupon agu Rongko’

Ruteng, Ekorantt.com – Bupati Manggarai, Deno Kamelus meminta masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) agar tidak menggunakan uang tersebut untuk membeli kupon putih dan rokok.

Hal itu disampaikan Bupati Deno saat memonitor penyaluran perdana BLT DD bagi warga terdampak Covid-19 di 6 desa yang ada di wilayah Kecamatan Satarmese Utara, Kamis (4/6/2020).

“Ini (BLT DD) ada karena ada corona. Oleh karena itu pesan saya, uang ini tolong dipakai untuk hal yang berhubungan dengan  pencegahan corona, biar badan tetap sehat. Beli ikan, daging, telur, dan susu. Neka pake seng so’o kudut weli kupon agu rongko (jangan pakai uang ini untuk beli kupon putih dan rokok),” tegasnya.

Ia menambahkan, pemerintah memberikan bantuan yang bersumber dari dana desa sesuai persentase dan porsinya, lalu dibagikan kepada keluarga-keluarga yang masuk dalam kategori miskin.

“Keluarga yang masuk kategori miskin itu seperti yang belum dapat PKH, belum dapat BLT Sembako, BLT Covid (Kemensos), bukan PNS, bukan tenaga kontrak, bukan pensiunan, dan seterusnya sesuai syarat yang tertuang dalam peraturan,” ujar Deno.

iklan

“Tolong manfaatkan uang ini secara baik. Ini hanya untuk tiga bulan saja,” tambahnya lagi.

Lebih lanjut, ia menegaskan, dirinya memastikan penyaluran BLT DD berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

“Saya mau bulan Juni ini, seluruh BLT Dana Desa sudah dibagi,” tuturnya.

Bupati Deno juga menyempatkan diri untuk mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Yang paling penting saat ini bukan dana bantuan yang kita terima, melainkan bagaimana kita bersama-sama berupaya mencegah penyebaran virus Covid-19. Pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, ada 1.654 kepala keluarga penerima BLT DD yang tersebar di 11 desa di Kecamatan Satarmese Utara.

Adeputra Moses

TERKINI
BACA JUGA