Mensi Anam Kembali Pimpin Hanura Manggarai Timur

Borong, Ekorantt.com – Frumensius Frederik Anam kembali memimpin Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Cabang Kabupaten Manggarai Timur (Matim), periode 2020-2025.

Ia ditunjuk langsung sebagai Ketua DPC Hanura Matim oleh DPP Hanura, setelah partai tersebut memilih untuk membatalkan penyelenggaraan Musyawarah Cabang (Muscab) – sebuah musyawarah yang salah satu agendanya adalah pemilihan Ketua DPC – pada 2020, demi menghindari penyebaran COVID-19.

“Hanura kemarin tidak lagi Muscab karena wabah COVID.
Karena itu, semua DPC di seluruh Indonesia, mengajukan permohonan kepada ketua umum, untuk Muscab ditiadakan, dan memberikan kewenangan kepada ketua umum untuk menunjuk langsung (ketua DPC),” kata Mensi – sapaan akrab Frumensius – usai menerima SK Ketua DPC Hanura Matim, di sekretariat partai di Toka, Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, Kamis (3/9/2020).

Mensi sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPC Hanura Matim selama dua periode, yakni 2010-2015 dan 2015-2020.

Pada 2010, ia dipilih menjadi Ketua DPC Hanura Matim, menggantikan Yohanes Paput yang menjabat sejak 2008.

iklan

Mensi juga tercatat sebagai anggota DPRD Matim selama dua periode berturut-turut, yakni 2009-2014 dan 2014-2019.

Ia kemudian gagal menjadi anggota DPRD Matim periode 2019-2024.

Namun demikian, sebagai ketua partai, ia berhasil menghantar Hanura sebagai salah satu partai pemenang pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Matim, di mana Hanura meraih empat kursi DPRD.

Mensi menyampaikan terima kasih kepada DPP yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menahkodai DPC Hanura Matim selama lima tahun ke depan.

Ia mengatakan, selama beberapa bulan ke depan, Hanura Matim fokus melakukan konsolidasi dan pembenahan struktur kepengurusan partai hingga ke tingkat ranting.

Menurutnya, pada Pemilu 2024, Hanura Matim berkomitmen untuk menjadi partai pemenang, di mana harus meraih lebih dari empat kursi DPRD.

“Kami punya potensi untuk menjadi pemenang. Kami punya empat anggota DPRD, yang setiap saat, setiap hari dalam kurun waktu lima tahun, mereka bekerja menjawab aspirasi masyarakat. Itu kami punya ujung tombak untuk memenangkan partai pada Pemilu 2024. Karena itu, kami pasti solid,” ujarnya.

Usung Calon Bupati

Sementara itu, pengurus Hanura NTT, Ben Isidorus mengatakan, pada Pemilu 2024, Hanura menargetkan untuk punya perwakilan di Senayan. Dan, khusus di Matim, “target kami, usung kader untuk calon bupati.”

“Kalau dulu (2014-2019) kami hanya satu kursi di DPRD Matim . Posisi tawar kami lemah, sehingga jujur, kami tidak bisa menjual (mengusung calon bupati), walaupun potensi ada di kami,” katanya usai menyerahkan SK Penetapan Ketua DPC Hanura Matim.

“Sekarang kan sudah empat kursi di DPRD Matim, kenapa tidak bisa (usung calon bupati)? Karena tinggal cari dua kursi, kami bisa maju (calon bupati) sudah. Dan, itu merupakan target kami,” tambahnya.

Menurut anggota DPRD NTT itu, untuk mencapai target tersebut,
partai besutan Oesman Sapta Odang itu, sudah mulai dengan verifikasi. “Mulai dengan pengurus DPC, sampai dengan pengurus ranting,” katanya.

Dengan adanya pengurus sampai ditingkat ranting, katanya, “kami sama-sama untuk membangun partai ini menjadi lebih besar.”

Pada kesempatan itu, Isidorus juga menegaskan bahwa SK Penetapan Ketua DPC Hanura Matim dari DPP Hanura itu, “bukan SK sementara” – yang hanya berlaku satu minggu atau enam bulan – seperti isu yang ramai beredar di luar.

“Ini SK berlaku lima tahun. Tidak ada itu SK sementara. Karena kita di Hanura, mulai saat ini fokus melakukan konsolidasi dan verifikasi untuk persiapan Pemilu 2024. Bukan hanya urus terbit SK tiap minggu atau bulan,” pungkasnya.

AR/EKORA NTT

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA