Cerita Haru Perjumpaan Bayi 14 Bulan dengan Sang Ibu yang Baru Sembuh Covid-19 di Matim

Borong, Ekorantt.com – Langkah kaki Maria Y. Sukawati – pasien yang baru sembuh Covid-19 di Manggarai Timur – terhenti sekitar 10 meter sebelum memasuki halaman rumahnya di Kampung Wodong, Desa Goreng Meni Utara, Kecamatan Lamba Leda, pada Selasa (3/11/2020) siang.

Di pintu depan rumah Maria, tampak beberapa orang sedang berdiri, termasuk Belfa, purtinya yang baru berusia 14 bulan. Belfa berdiri dengan satu tanggannya dipegang sang paman.

Terlihat juga beberapa warga mulai berdatangan ke halaman rumah untuk menyaksikan kedatangan Maria bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur.

Melihat Maria, Belfa sontak memanggil: “Mama”. Lalu, diam. Tatapannya penuh makna, tertuju pada Maria.

Perlahan, tangan mungil Belfa berusaha untuk terlepas dari genggaman sang paman. Lalu, ia melangkah ke arah Maria. Baru beberapa langkah, Belfa berhenti. Ia berbalik dan kembali ke arah pamannya.

iklan

“Nona, kemari. Ini mama. Mama sudah datang. Mama minta maaf. Mama tidak sengaja. Mama sayang nona,” ujar Maria dengan suara terbata-bata.

Belfa hanya menatap Maria. Kedua matanya berkaca-kaca. Ia tetap tidak mau mendekati ibunya itu.

Melihat tingkah Belfa yang seperti itu, Maria menangis histeris.

Terdengar suara seorang ibu menyahut: “Hemong meu liha ga. Tapi wiwi diha toe ngance pali, itu tara toe sadar benta meu liha ‘mama’, agu porong terus meu liha. (Dia sudah lupa kamu. Tapi jiwanya tidak bisa berbohong, sehingga dia panggil kamu ‘mama’, dan dia terus memandang kamu).”

Beberapa saat kemudian, seorang wanita parubaya menggendong Belfa dan membawanya kepada Maria.

Maria memeluk Belfa erat-erat. Tak bosan-bosannya ia mengecup putrinya sambil terus menangis. Beberapa orang yang hadir juga terlarut dalam suasana haru.

Maria berpisah dengan Belfa dan keluarganya sejak dinyatakan positif Covid-19 pada 30 Agustus 2020 – sesuai hasil pemeriksaan swab di laboratorium biomolekuler Rumah Sakit W.Z Johannes Kupang.

Ia menjalani karantina dan perawatan di shelter kabupaten yaitu di Ruang Rawat Inap RSUD Borong hingga dinyatakan sembuh pada Senin, 2 November 2020. Maria merupakan pasien Covid-19 pertama di Manggarai Timur.

Hingga kini, belum ada tambahan kasus positif Covid-19 di Manggarai Timur.

Ambrosius A.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA