Terkecoh Berita Bohong, Warga Tagih Bantuan di Dinsos dan Disdukcapil Ende

Ende, Ekorantt.com – Sejumlah warga di Kabupaten Ende mendatangi Kantor Dukcapil dan Dinas Sosial Ende pada Senin (9/11/2020). Mereka datang karena mendapat informasi perihal adanya bantuan pemerintah kepada peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) JKN PBI APBN bernomor seri 0000 di bagian depan nomor KIS.

Nursiah Benyamin, warga Desa Raporendu, Kecamatan Nangapanda saat dikonfirmasi di Kantor Dukcapil Ende mengatakan, dirinya mendapatkan informasi dari warga desa tetangga bahwa pemegang Kartu KIS bernomor seri nol empat digit di bagian depan mendapatkan bantuan 700 ribu rupiah dari pemerintah.

“Saya datang ke sini karena menurut warga desa tetangga sudah ada yang mengurus pencairan. Makanya kami datang cek,” kata Nursiah.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende, Sharul Yahya membenarkan bahwa warga dari beberapa desa di Kecamatan Pulau Ende dan Kecamatan Nangapanda datang ke Kantor Dukcapil Ende.

Kepada penduduk yang datang, Sharul pastikan bahwa informasi itu hoaks. Sejauh ini pihaknya tidak mendapatkan informasi dari pihak manapun, baik dari bupati, gubernur, maupun informasi dari pusat. Disimpulkan bahwa informasi tersebut hoaks.

iklan

“Benar. Sudah dua hari ini banyak yang datang. Katanya mau cair uang 700 ribu rupiah untuk mereka yang kartu KIS ada nomor seri nol sampai empat kali. Itu hoaks. Sumber informasi tidak jelas dan kita minta masyarakat jangan percaya,” ungkap Sharul.

Sementara itu, Kepala Seksi Jaminan Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Sosial Dinas Sosial Kabupaten Ende, Vinsen Budu kepada Ekora NTT membantah tentang adanya bantuan bagi peserta KIS pusat.

“Tidak benar. Itu hoaks yang disebar pihak yang tidak bertanggung jawab. Hari ini juga ada warga yang datang ke kita untuk menanyakan hal itu. Sejauh ini tidak ada informasi resmi sehingga kita imbau masyarakat jangan mudah percaya,” kata Vinsen.

TERKINI
BACA JUGA