Ruas Jalan Warat-Paan Leleng di Matim Tertimbun Longsor, Arus Lalu Lintas Putus

Borong, Ekorantt.com – Hujan deras yang mengguyuri wilayah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) pada Jumat (8/1/2021) siang menyebabkan longsor di ruas jalan Warat-Paan Leleng, tepatnya di Lemus, Desa Ngampang Mas, Kecamatan Borong.

Longsor menutup dan nyaris memutus badan jalan di wilayah tersebut.

Ruas jalan Warat-Paang Leleng merupakan salah satu jalur utama yang meghubungkan Borong, ibu kota Kabupaten Matim dengan sejumlah wilayah di Kecamatan Borong bagian utara, Kota Komba Utara dan Elar Selatan.

Salah seorang warga Ngampang Mas, Voyensius Ondi mengatakan, longsor terjadi pada Jumat sore, sekitar pukul 16.00 Wita.

“Ada banyak titik longsor di Lemus itu. Ada dua titik yang menutup badan jalan, satu titik yang nyaris membuat badan jalan terputus dan beberapa titik lainnya juga menutup sebagian badan jalan,” ujarnya kepada Ekora NTT via sambungan telepon, pada Jumat sore.

iklan
Salah satu titik longsor di Lemus, Desa Ngampang Mas yang nyaris memutus badan jalan.

Akibat bencana tersebut, lanjutnya, mobilitas warga dan barang dari dan menuju sejumlah desa di Kecamatan Borong bagian utara dan Kota Komba Utara dan Elar Selatan lumpuh total karena kendaraan bermotor tidak bisa melintasi jalur itu.

Selain itu juga, kata dia, tanaman komoditas pertanian warga di lokasi Lemus juga rusak tertimbun material longsor.

“Ada satu tiang listrik PLN juga nyaris terbawa longsor,” katanya.

Voyensius berharap agar Pemerintah Daerah Manggarai Timur secepatnya menangani bencana itu, sehingga mobilitas warga dan barang melalui jalur itu kembali lancar.(AR)

TERKINI
BACA JUGA