Bupati Djafar Ingatkan Para Kades Update Data Desa

Ende,Ekorantt.com – Bupati Ende H.Djafar Haji Achmad meminta para kepala desa untuk memperbarukan data setiap perkembangan di desa. Menurutnya, pembangunan berbasis data akan memudahkan pencapaian dan nilai ukur suatu kerja.

Bupati Djafar menegaskan hal ini saat upacara pelantikan delapan (8) kepala desa terpilih di Lantai II Kantor Bupati Ende, Sabtu (30/01/2020) pagi.

“Data desa harus di-update. Karena pembangunan berbasis data akan memudahkan pencapaian dan nilai ukur kinerja,”tegas Bupati Djafar.

Ia juga mengingatkan para kepala desa agar selalu membangun kerja sama dengan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam penyelenggaraan pemerintah desa.

Menurutnya, kolaborasi kerja antar lembaga akan menciptakan suasana kondusif dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

iklan

Selain itu, pemerintah desa juga harus mengedepankan pelayanan kepada masyarakat yang efektif dengan menghindari perilaku melanggar hukum.

“Harus saling koordinasi, jangan jalan sendiri-sendiri. Hubungan yang harmonis akan berdampak pada pelayanan kepada masyarakat yang efektif dan maksimal,”tutur Bupati Djafar.

“Sekarang di desa uang sudah banyak. Kelola itu sesuai perencanaan dan harus dapat dipertanggungjawabkan. Itu penting untuk menjaga amanah yang sudah disumpah,”sambung dia.

Sementara Kepala Desa Kerirea terpilih, Urbanus B. Karo berkomitmen untuk membawa suatu perubahan di desanya. Ia pun berjanji akan meningkatkan ekonomi masyarakat, tak terlepas juga untuk meningkatkan sumber daya yang ada di desa setempat.

“Tentu kita siap dengan kemampuan yang ada. Tapi, harus diketahui di desa ada potensi dan ada juga beberapa kelemahan. Untuk itu pemerintah tingkat kabupaten juga turut mendukung baik  infrastruktur, pasar maupun kebutuhan lain yang ada di desa,”katanya.

Sebagai informasi, Bupati Djafar melantik delapan kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa serentak gelombang III Tahun 2020 beberapa waktu lalu. Kedelapan kepala desa dimaksud antara lain Kepala Daes Pora Yohanes Dura Pomanda, Kades Nuamulu Muhamad Guntur, Kades Nggela Laurensius Kale dan Kades Wiwipemo Sebastianus Aku.

Kemudian Kades Mbobhenga Bruno Goa, Kades Mbuliwaralau Abdulah Kasim dan Kades Tendarea Kosmas Yonatan serta Kades Kerirea Urbanus Benga Karo.

TERKINI
BACA JUGA