Kreasi Senam Dayung ‘Ikan Tembang’ Tingkatkan Imun Tubuh

Maumere Ekorantt.com – Olahraga mampu meningkatkan imun atau kekebalan tubuh. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, olahraga yang teratur dapat mengurangi resiko wabah Covid-19. Salah satu olahraga yang ditawarkan yakni senam.

Khusus di Kota Maumere, olahraga senam mulai bergeliat. Para instruktur senam pun berkreasi untuk melahirkan berbagai macam gerakan senam. Kreativitas mereka diuji untuk menyesuaikan gerakan dengan lagu-lagu terbaru, tanpa harus mengabaikan sisi kesehatan dari senam itu sendiri.

Belakangan, lagu ‘Ikan Tembang’ yang dirilis Desember 2020 dari Chanel YouTube Atman Record jadi lagu paling hits yang banyak diputar, tidak hanya dalam mobil angkutan kota, angkutan pedesaan, dan tenda pesta tapi juga diputar untuk kegiatan senam bersama.

Lagu yang dinyanyikan para punggawa Maumere All Star ini menginspirasi banyak orang untuk mengkreasikan gerakan jadi senam pagi di berbagai instansi pada hari Jumat dan Sabtu.

Thomas Aquino Parera, instruktur senam yang juga Kepala Seksi Olahraga pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sikka menjelaskan syair dan beat lagu ‘Ikan Tembang’ memang penuh dengan ekspresi sukacita.

iklan

“Jadi lagu dari kawan-kawan Maumere All Star ini berangkat dari kebiasaan masyarakat nelayan yang membuang jala (rabang-bahasa Sikka) dan dipadukan dengan sentakan kaki dalam tarian hegong. Kami lalu adopsi lagu ini untuk gerakan senam,” ujar Thomas.

Thomas melanjutkan, dalam gerakan goyang ‘Ikan Tembang’ ada penyatuan gerak dan tari dalam budaya Sikka.

Kekhasan klip asli lagu tersebut dan juga dalam gerakan senam, kata Thomas, ikut mempromosikan laut di Kabupaten Sikka yang kaya akan potensi bahari.

Rini, salah seorang instruktur senam mengemukakan, gerakan senam ‘Ikan Tembang’ sesungguhnya dapat meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi seperti sekarang.

Ia mengaku gerakan dalam senam ini mengasyikan dan bikin hati adem.

Yuven Fernandez

 

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA