Mahasiswa, Dosen dan Anggota DPRD di Manggarai Bersihkan Sampah di Pasar Inpres Ruteng

Ruteng, Ekorantt.com – Mahasiswa Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (SEP) Universitas Katolik (Unika) Indonesia Ruteng bersama dosen dan seorang anggota DPRD Manggarai, membersihkan sampah di Pasar Inpres Ruteng, pada Sabtu (24/4/2021).

Salah seorang dosen program studi tersebut, Selvianus San, mengatakan, kegiatan itu merupakan aplikasi dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, kata Selvianus, kegiatan pembersihan sampah di Pasar Inpres Ruteng juga bertujuan untuk memberi literasi dan membangun kesadaran masyarakat atau warga pasar agar membuang sampah pada tempatnya.

“Pasar ini mesti ditangani serius. Baik oleh pemerintah maupun orang-orang pengguna pasar itu sendiri,” ungkapnya.

“Karena membangun kesadaran dan kesehatan itu adalah mulai dalam diri kita. Pasar ini sangat jorok dan perlu diedukasi macam begini,” tambahnya.

iklan

Ia berharap, pengguna pasar sadar akan kesehatan, sehingga selalu membuang sampah pada tempatnya.

Sementara itu, anggota DPRD Manggarai yang terlibat dalam aksi itu, Paul Jemarus, menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk “membuka mata hati pemerintah yang selama ini tahu, tetapi pura-pura tidak tahu; dan lihat, tetapi pura-pura tidak lihat.”

Anggota DPRD dari Fraksi Hanura ini meminta pemerintah setempat untuk segera membuat peraturan yang tegas agar pelaku-pelaku pasar sadar dan membuang sampah pada tempatnya.

“Ada beberapa saluran got yang tidak ada pembuangannya. Lalu pemerintah ada di mana? Mereka turun lapangan tapi tidak lihat soal ini,” katanya.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA