Pemkab Ngada Rencana Cetak 1000 Hektar Sawah Baru di Riung Barat

Bajawa, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Pertanian berencana mencetak 1000 hektar sawah baru di Kecamatan Riung Barat.

Rencana tersebut juga merupakan aksi nyata dalam mengimplementasikan program Tante Nela Paris yang merupakan program unggulan Bupati Andreas Paru dan Wakil Bupati Raymundus Bena.

Kepala Dinas Pertanian Ngada, Paskalis Wale Bai baru-baru ini, menjelaskan anggaran percetakan sawah direncana di Desa Wolomeze.

“Saya rencana mau diskusi dengan pak Bupati sehingga melalui surat pak Bupati, daerah tersebut menjadi daerah food estate,”ujarnya.

Paskalis membeberkan jika daerah tersebut dioptimalkan secara baik, luas lahan yang akan dicetak sawah bisa mencapai 3000-4000 hektar.

iklan

Selain itu, Pemkab Ngada juga berencana untuk melakukan pengembangan tanaman sorgum seluas 50 hektar di Riung Barat untuk ketahanan pengan.

“Tanaman sorgum ini adalah tanaman yang sudah lama ditinggalkan oleh masyarkat kita, sehingga kita rencana tahun ini ada pengembangan seluas 50 hektar,”tutur Paskalis.

Menanggapi rencana tersebut, Ketua DPRD Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu mengatakan sampai saat ini belum ada pemberitahuan secara resmi dari pihak pemerintah kepada DPRD Ngada.

“Tentu kita melihat hal ini positif kalau untuk ketahanan pangan, tetapi dalam situasi seperti ini kami belum membahas itu,”kata Berny.

Politisi Partai Kembangkitan Bangsa (PKB) ini berharap rencana besar tersebut harus berdampak pada asas manfaat untuk masyarakat sehingga perlu ada pembahasan bersama dengan pihak DPRD Ngada.

Belmin Radho

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA