Gerbang Tani Ngada Tanam 5000 Anakan Kol dan Terong

Bajawa, Ekorantt.com – Demi mendukung mimpi para petani millenial di Kabupaten Ngada, Gerakan bangkit (Gerbang) tani melakukan penanaman hortikultura jenis kol dan terong di Desa Seso, Kecamatan So’a, Kabupaten Ngada pada Kamis, (24/06/2021).

Ketua Gerbang Tani Ngada, Baim Atu mengatakan penanaman tersebut merupakan penanaman ketiga setelah sebelumnya pihaknya melakukan penanaman jehe, kunyit, dan lengkuas di Desa Naru, Kecamatan Bajawa dan Desa Sobo di Kecamatan Golewa.

Menurutnya, pada penanaman tersebut pihaknya menggandeng kelompok tani (poktan) Cinta Desa dimana anggota kelompoknya adalah kaum milenial.

“Ini adalah penanaman ketiga, setelah sebelum kita melakukan penanam di Desa Sobo, Kecamatan Golewa Barat dan kali ini kita menggandeng kelompok tani Cinta Desa,” ujar Baim.

Ia menyatakan, pihaknya melakukan penanaman sebanyak 5000 anakan kol dan terung di atas lahan seluas 40 are sekaligus menjadi kebun contoh di desa tersebut.

iklan

“Kenapa kita memilih kol dan terung karena daerah ini sangat cocok dengan dua jenis tanaman ini,”ucap Baim.

Baim menginformasikan bahwa setiap kecamatan di Kabupaten Ngada akan ada kebun contoh yang nantinya diprakarsai oleh para kaum muda yang ada di tingkat desa dan disesuaikan dengan potensi wilayahnya masing-masing.

Ketua Pembina Gerbang Tani Kabupaten Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu mengungkapkan kehadiran Gerbang Tani di Kabupaten Ngada dalam rangka mewujudkan mimpi para pemuda khusus para petani millenial.

“Kita mengajak para pemuda untuk tidak perlu menjadi petani dan ini menjadi contoh bagi kaum muda,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Berny ini mengatakan program Tante Nela Paris Bupati dan Wakil Bupati Ngada terpilih bukan saja hanya pada tanaman jahe namun seluruh tanaman pertanian.

Sementara itu, Anggota DPR RI, Dipo Nusantara Pua Upa, menegaskan kehadiran Gerbang Tani tanpa ada muatan politik namun hanya untuk bantu memajukan Kabupaten Ngada.

Menurutnya, niat dari gerakan tersebut hanya satu yaitu memajukan Kabupaten Ngada  ke arah yang lebih baik.

“Kita berharap dengan adanya gerakan menanaman seperti ini membantu memajukan Kabupaten Ngada dan meningkatkan pendapatan daerah (PAD),” kata Dipo.

Pantuan Ekora NTT, hadir juga pada kesempatan tersebut, Anggota DPRD Ngada dari PKB Fromensius Loko Kisa, Kepala Dinas Pertanian Ngada, Paskalis Wale Bai, dan sejumlah pegawai Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan So’a.

Belmin Radho

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA