Angka Covid-19 Melonjak, Pemkab Ende Kembali Aktifkan Karantina Terpusat di Stadion Marilonga

Ende, Ekorantt.com – Angka positif Covid-19 di Kabupaten Ende hingga awal Juli 2021 terus melonjak. Hal ini mendesak Pemerintah Kabupaten Ende melalui Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 untuk kembali mengaktifkan karantina terpusat di Stadion Marilonga Ende.

Kebijakan tersebut diambil Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 setelah melakukan rapat koordinasi bersama Forkompimda serta pimpinan OPD di Kabupaten Ende pada Sabtu (3/7/2021) di Rumah Jabatan Bupati Ende.

Pantauan Ekora NTT pada Minggu (4/7/2021), seluruh fasilitas penginapan telah disediakan tim gugus tugas di Stadion Marilonga-Ende. Fasilitas seperti tiga tenda penginapan lengkap dengan 100 tempat tidur yang disiapkan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Ende, Kodim 1602 Ende, dan Polres Ende.

“Untuk logistik semua sudah ready. Kalau untuk makan minum teman-teman dinas sosial yang siapkan,” ujar Plt Kepala BPBD Ende, Ida Muda Mite.

Bupati Ende Djafar Achmad, Kapolres Ende Albertus Andreana, dan Dandim Ende Nelson Paedo Marpaung memantau langsung persiapan Stadion Marilonga untuk karantina terpusat pasien Covid-19 (Foto: Ansel Kaise/Ekora NTT)

Minggu siang, Bupati Ende Djafar Achmad, Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana dan Dandim 1602 Ende Letkol Nelson Paedo Marpaung memantau persiapan tempat karantina terpusat di stadion kebanggaan masyarakat Ende ini.

iklan

Bupati Djafar menjelaskan, fasilitas karantina terpusat disiapkan untuk pasien yang terkonfirmasi positif di empat kecamatan dalam Kota Ende.

“Fasilitas sudah siap. Ini untuk empat kecamatan dalam kota Ende. Saat ini kita sedang koordinasi dengan para kapus dan camat. Sedangkan yang di luar kota, kebijakan karantina akan dilakukan di kecamatan melihat dengan eskalasi peningkatan kasus,” ujar Bupati Djafar

Sementara itu, Dandim 1602 Ende Letkol Nelson Paedo Marpaung meminta warga Kabupaten Ende untuk taat pada protokol kesehatan.

“Sebagai Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Ende, kami mendukung penuh kebijakan bapak bupati. Masyarakat kita harapkan untuk taat Prokes dan hindari kerumunan,” kata Dandim Nelson.

Beberapa anggota DPRD Ende ikut memantau persiapan tempat karantina terpusat tersebut. Kepada media, Anggota DPRD Ende Chairil Anwar menyatakan dukungan terhadap kebijakan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Ende.

“Kita dukung. Kalau dibiarkan di luar sulit terpantau. Karantina terpusat pilihan tepat. Sekarang saatnya kita bersama perangi covid,” ujar Anggota DPRD dari Partai PKS tersebut.

Untuk diketahui, angka positif covid-19 di kabupaten Ende hingga Sabtu (3/7/2021) mencapai 485 kasus dan meninggal 24 orang.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA