Pesona Cuncang Piki di Manggarai Timur Bikin Traveler Lupa Pulang

Borong, Ekorantt.com – Berkunjung ke tempat wisata adalah cara terbaik mengisi waktu liburan. Salah satu spot wisata yang ditawarkan adalah Cuncang Piki.

Tempat wisata yang terletak di Desa Compang Raci, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT ini bikin traveler lupa waktu pulang ke rumah.

Untuk mencapai lokasi tersebut, traveler akan menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam jika dari Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Dalam perjalanan menuju destinasi wisata itu, traveler akan disuguhi pemandangan hamparan perkebunan kopi dan sawah warga.

Para pengunjung yang datang tak perlu khawatir akan tarif masuk. Di tempat ini untuk sementara belum dipungut biaya alias gratis. 

iklan

Begitu tiba di lokasi, air terjun setinggi 35 meter akan menyambut kedatangan Anda.

Air terjun tersembul keluar dari balik pepohonan hijau dan jatuh di  kolam yang cukup luas. Di kolam itu, para pengunjung dapat berenang sepuasnya. 

Di tempat ini, pengunjung juga akan dimanjakan dengan lukisan pelangi yang dihasilkan oleh pantulan sinar matahari dengan percikan air terjun.

Angelina, salah satu pengunjung ke tempat itu mengaku betah berada di sana.

“Kami dari desa lain, tapi ini menjadi tempat untuk kami refreshing,” ungkapnya kepada Ekora NTT, Minggu (27/6/2021).

Angelina berharap agar pemerintah setempat bisa menata obyek wisata tersebut, seperti menyediakan tempat penjualan kuliner dan homestay di sekitar lokasi.

Penginapan Gratis

Sementara Kepala Desa Compang Raci, Anselmus Mindri mengatakan, pihaknya akan menyiapkan dana yang bersumber dana desa untuk menata wisata tersebut pada tahun 2022. 

Selain itu, kata dia, pemerintah desa juga siap memandu wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, secara gratis.

“Pemandu telah dibekali pengalaman dalam berbahasa Inggris dan bahasa Jepang,” ucapnya.

Kemudian, saat ini, lanjutnya, warga setempat telah menyiapkan rumah untuk penginapan gratis selama satu malam.

“Jika ada wisatawan yang datang berkunjung saat pandemi, warga Desa Compang Raci sudah menyiapkan rumah yang dijadikan homestay dengan biaya gratis selama satu malam,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah desa akan melibatkan warga untuk turut serta dalam proses pengembangan pariwisata itu.

“Sementara pengelola resminya adalah BUMDes Lorong Weru,” pungkasnya.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA