Karantina Terpusat Penuh, Pemkab Ngada Siapkan Puskesmas Langa

Bajawa, Ekorantt.com – Lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Ngada menyebabkan tempat karantina terpusat pemerintah yang berada di Desa Turekisa penuh alias over kapasitas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ngada, Theodosius Yosefus Nono menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan lokasi karantina terpusat yang baru di Puskesmas Langa, Kecamatan Bajawa.

“Sejak beberapa hari lalu kita sedang siapkan Puskesmas Langa untuk mendukung rumah sakit karantina terpusat Turekisa,” ujarnya.

Sedangkan untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas Langa akan dialihkan ke beberapa puskesmas yang tidak jauh dari puskesmas tersebut.

Menurutnya, saat ini sebanyak 71 pasien covid-19 sedang menjalani masa karantina di Turekisa.

iklan

Yosefus berharap agar masyarakat mendukung langkah dengan tetap menaati protokoler kesehatan.

“Tanpa ada dukungan masyarakat, mustahil kita bisa menekan kasus positif. Dukungan cuma satu yakni terapkan 5M dan keluar rumah kalau benar- benar ada hal penting,” tegasnya.

Gerakan 5M protokol kesehatan  yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

Sementara itu, data satuan tugas penanganan dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Ngada pada Kamis (08/07/2021) kasus positif Covid-19 menunjukkan penambahan 107 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Ngada, dengan rincian Kecamatan Bajawa 60 orang, Kecamatan Golewa 12 orang, Golewa Selatan 15 orang, Jerebu’u 10 orang, So’a 9 orang, dan Aimere 1 orang.

Belmin Radho

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA