Kisah Pilu Keluarga OdGJ di Manggarai Seakan ‘Menegur’ Pemerintah untuk Turun Tangan

Ruteng, Ekorantt.com – Pemberitaan tentang perjuangan Afni, seorang gadis yang banting tulang merawat orangtuanya yang mengalami gangguan jiwa seakan ‘menegur’ Pemerintah Kabupaten Manggarai untuk turun tangan.

Sebuah mobil hilux berpelat merah melintasi jalan rusak menuju kampung Muwur, Desa Wae Mantang, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Rabu (18/8/2021). Mobil milik Dinas Sosial Kabupaten Manggarai mengangkut bantuan bahan sembako untuk keluarga OdGJ di wilayah itu.

Dua OdGJ yang dikunjungi yakni Siprianus Judin (45) dan Donatus Dasor (41). Keduanya adalah kakak beradik. Siprianus sekitar tiga minggu lalu baru saja dipasung, sedangkan sang adiknya dipasung sejak dua puluh tahun lalu.

Siprianus dan Donatus sedang duduk diam di tempat tidur tanpa beraktivitas apa-apa. Kaki mereka dipasung balok sekitar berukuran satu meter. Keduanya hanya sebatas melihat dan membisu saat rombongan datang dari mobil itu.

Sementara keluarganya tengah duduk santai di dapur sambil menenggak kopi

iklan

“Halo, amang (Halo, Om),” demikian sapaan Paul Jemarus, anggota DPRD Kabupaten Manggarai yang juga ikut dalam rombongan itu.

Anggota DPRD dari fraksi Hanura itu langsung duduk di samping Siprianus bersama Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manggarai, Micha Dima sembari berbincang menanyakan kondisi OdGJ tersebut.

Paulus mengaku merasa terpanggil setelah mendengar berbagai informasi terkait kondisi keluarga OdGj di Desa Wae Mantang itu.

“Selama ini beberapa informasi masuk ke saya, karena kesibukan sehingga saya tidak sempat datang. Tetapi hari ini saya hadir mengunjungi langsung,” ungkap Paulus.

Selain itu Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Paulus Jemarus juga berharap pemerintah tidak tutup mata melihat kondisi keluarga ini.

“Saya minta kepada Bupati Manggarai melalui OPD terkait untuk memperhatikan keluarga ini, karena melihat kondisi rumah yang mereka tempati sangat memprihatinkan dan butuh untuk segera direnovasi,” sebutnya.

Sementara Plt. Kepala Dinsos Kabupaten Manggarai, Micha Dima mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan perhatian kepada keluarga OdGJ itu.

“Saya tergugah setelah membaca berbagai pemberitaan di media tentang keadaan keluarga ini sehingga secepatnya turun dan melihat langsung keadaan mereka,” tuturnya.

“Ke depannya keluarga ini akan mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Manggarai,” lanjut Dima.

Kontributor: Yaflin Lehot

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA