Sejak 2003, Viva Flores Course Center Telah Memberi Kursus 3.356 Peserta

Maumere, Ekorantt.com – Sejak berdiri pada 6 Mei 2003, Viva Flores Course Center – sebuah tempat kursus komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, organ atau piano, dan kursus Bahasa Indonesia untuk orang asing  di kota Maumere – telah membimbing 3.356 peserta.

“Sampai hari ini tercatat 3.356 peserta kursus yang pernah mengikuti kursus di Viva Flores,” kata Fidelis Goa, pemilik tempat kursus tersebut, Kamis (26/8/2021).

Mantan guru Bahasa Mandarin SMAK Frateran Maumere itu mengatakan, ia membuka dua tempat kursus, yakni di kota Maumere dan di Waipare. Di Maumere, ia mengontrak rumah untuk dijadikan tempat kursus. Sedangkan di Waipare, ia menggunakan rumah pribadinya.

Fidel menuturkan, ketika pandemi Covid-19 merebak pada 2020, ia hanya membuka satu tempat kursus yakni di Waipare. Hal itu disebabkan karena kurangnya jumlah peserta kursus , sehingga berdampak pada biaya operasional.

Pria yang pernah mengikuti Overseas Training Program di Taiwan ini mengisahkan bahwa niat membuka tempat kursus tersebut dimulai pada tahun 2000, ketika ia menjadi guide di Bali.

iklan

Waktu itu, kata dia, ketika ada waktu luang, ia menyempatkan diri untuk memberikan kursus bahasa di beberapa tempat kursus.  Beberapa tempat kursus tersebut, lanjutnya, milik orang-orang yang tidak punya keahlian dalam bidang bahasa.

“Melihat situasi ini, terlintas dalam pikiran saya, mengapa saya punya skill bahasa tapi tidak bisa membuka kursus sendiri?” ujar pria asal Maunori, Kabupaten Nagekeo itu.

Pada awal 2003, Fidel pun memutuskan untuk kembali ke Flores, dan memilih menetap Maumere. Ia memilih Maumere karena kota ini strategis dan merupakan kota pelajar. Ia kemudian membuka tempat kursus Viva Flores di jalan Wairklau. 

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mendaftar sebagai peserta kursus, dan Ferdi pun harus menambah ruangan. Ia kemudian menggunakan rumah pribadinya di Waipare, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, sebagai tempat kursus. Dan, kini tempat kursus yang masih eksis yakni di rumah pribadinya itu.

Saat ini, Viva Flores Course Center masih membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin mengikuti kursus, baik bahasa asing, maupun kursus komputer, dan piano.

 “Kursus murah hanya Rp 1 juta ada di Viva Flores Waipare. Sudah termasuk biaya pendaftaran, buku, biaya kursus dan sertifikat,” kata Fidel.

“Lama kursus tiga bulan dengan jadwal tiga kali seminggu, dengan durasi setiap pertemuan, 90 menit,” tutupnya. 

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA