40 Pelaku Pariwisata di Sikka Ikut Pelatihan Digitalisasi Fotografi

Maumere, Ekorantt.com – Fotografi berperan penting dalam pemasaran produk-produk pariwisata untuk mendukung kemajuan promosi pariwisata di era digitalisasi saat ini.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) melakukan pelatihan digitalisasi fotografi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mengenai fotografi bagi pelaku pariwisata di sekitar obyek wisata.

Pelatihan yang diikuti 40 pelaku pariwisata dari 23 desa wisata di Sikka ini dibuka Kadisparbud Sikka Petrus Poling Wairmahing, pada Rabu, (15/9/202) di  Lokaria Indah Beach Hotel.

Petrus pada kesempatan itu mengatakan Disparbud Sikka selain melaksanakan pelatihan untuk pengembangan destinasi wisata juga fokus pada pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

“Pelatihan digitalisasi fotografi ini salah satu kegiatan untuk melakukan inovasi khususnya peningkatan SDM di bidang fotografi,” katanya.

iklan

Petrus juga menggarisbawahi tujuan pelatihan dimaksud tidak sekadar menghasilkan produk foto yang pasif tetapi bisa dimanfaatkan untuk digitalisasi yang berguna bagi pemasaran produk-produk pariwisata.

Senada dengan Petrus, Ketua Panitia Don Lorenzo Usi Neno da Silva yang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan terhadap pelaku pariwisata di masing-masing desa.

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola destinasi dan daya tarik wisata agar memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran pariwisata,” terang Kabid Pemasaran Disparbud Sikka ini.

Don Lorenzo mengatakan kegiatan pelatihan ini berlangsung selama tiga hari terhitung mulai tanggal 15-17 September 2021.

Pelatihan ini diikuti 40 pelaku pariwisata perwakilan dari masing-masing desa wisata dan memiliki kemampuan dibidang fotografi seperti pengambilan gambar, video, editing, mixing dan mastering.

Adapun empat pemateri dalam kegiatan ini masing-masing adalah Kadisparbud Sikka Petrus Poling Wairmahing dengan materi Kebijakan dan Program Pembangunan Kepariwisataan Daerah untuk Pemasaran Pariwisata Berbasis Informasi dan Komunikasi.

Kemudian Kabid Industri Ekonomi Kreatif Emma Irmina Pali tentang Tahapan Pengembangan Pemasaran Digital.

Selanjutnya, Bahasa Promosi yang Efektif dan Promosi Digital oleh Praktisi Pariwisata dan Jurnalis Valentino Luis serta Pemasaran Digital Dalam Memajukan Pariwisata Berdaya Saing dibawakan oleh Komisaris PT Cahaya Sikka, Mellisa Honesta.

Nurmawati Anwar (24) Salah satu peserta dari Desa Parmaan, kepada Ekora NTT di sela-sela kegiatan mengatakan untuk pertama kali mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Disparbud Sikka.

“Pelatihan ini sangat bagus. Saya akan ikuti dengan baik sehingga apa yang saya peroleh pada pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi  fotografer yang handal dalam menghadapi tuntutan zaman,” ujar Nur.

Sebagai informasi kegiatan pelatihan ini menerapkan protkes ketat yang didahului dengan registrasi peserta dan rapid Antigen.

Pada akhir kegiatan Jumat, 17 September 2021 nanti peserta menuju lokasi praktek di Kawasan Wisata Kajuwulu, Desa Magepanda untuk mengadakan praktek lapangan digital fotografi.

Yuven Fernandez

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA