Teknologi Informasi Punya Peran Sentral di Tengah Pandemi

Borong, Ekorantt.com – Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Hasyim Gautama mengatakan, peranan teknologi informasi menjadi sangat sentral di tengah pandemi Covid-19.

Hasyim bilang, situasi seperti ini menjadikan kebiasaan baru bagi semua orang di tengah pandemi Covid-19.

Hal disampaikan pada kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat, Ekonomi Bangkit. Pertunjukan dengan mengusung tema ‘Memacu Kreativitas di Masa Pandemi, Menuju Indonesia Makin Digital’ berlangsung di Aula Kopdit AMT, Manggarai Timur (Matim) pada Senin (21/10/2021).

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

“Kebiasaan baru ini bukan kebiasaan lama yang diperbaharui tetapi kebiasaan baru dengan era digital. Semua kita harus terbiasa dengan pola transformasi digital. Dalam dunia digital diperlukan kreativitas yang sangat tinggi,” tandas Hasyim.

iklan

Sementara Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tadeus Inggur, dalam sambutannya mengatakan, mewakili Pemkab Matim dirinya menyampaikan penghargaan kepada Kemkominfo RI atas terselenggaranya kegiatan pertunjukan rakyat virtual di Manggarai Timur.

Menurut Inggur, pandemi Covid-19 memberikan pukulan bagi roda perekonomian dan dunia ketenagakerjaan Indonesia. Hal tersebut termasuk pada sektor industri kreatif.

“Kenyataan inilah yang membuat roda perekonomian nasional semakin terpuruk, industri-industri kreatif ikut terpuruk, bahkan banyak yang harus rela hancur karena tidak bertahan menghadapi kondisi sekarang ini,” terangnya.

Inggur menerangkan bahwa pandemi ini juga memaksa masyarakat untuk terampil dalam penggunaan digital.

“Bayangkan, orang-orang dewasa yang sebelumnya tidak dapat mengakses digital, pada akhirnya turut ikut dan berkembang kemampuan digitalnya karena masa pandemi ini membuat akses manusia dengan dunia luar semakin sempit, justru digital lah yang membantu memperluasnya. Di saat seperti inilah dibutuhkan kreativitas untuk dapat mengembangkan kemampuan dan manfaat dari digital itu sendiri,” tuturnya.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA