Dapat Opini WTP, Pemkab Lembata Terima Penghargaan Kemenkeu

Lewoleba, Ekorantt.com – Kementerian Keuangan [Kemenkeu] RI melalui KPPN Larantuka menyerahkan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi opini WTP [Wajar Tanpa Pengecualian] kepada Pemda Lembata atas pengelola keuangan. Acara penyerahan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Lembata pada Jumat, [15/10/2021].

Tercapainya penghargaan opini WTP kepada Pemda Lembata berkat kerja keras para jajaran pemda dalam tata kelola keuangan APBD maupun APBN dan penyusunan laporan keuangan pemda yang dilakukan secara efektif efisien prudent transparan dan akuntabel.

Hal itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah berlaku, dan telah membuahkan hasil opini WTP.

Bupati Lembata, Thomas Ola mengatakan untuk mencapai WTP butuh proses panjang.  Karena itu BPK sudah turun dengan indikator-indikator menentukan bahwa apakah sudah pantas WTP, WDP dan sebagainya.

“Kami bersyukur bisa menerima WTP ini. Ini bukan kerjaan bupati melainkan pekerjaan seluruh komponen pemda,” kata Bupati Lembata.

iklan

Sementara itu, Kepala KPPN Larantuka Nengah Santi mengatakan dari 22 kabupaten/kota yang ada di Provinsi NTT, sebanyak 19 Pemda memperoleh opini WTP atas LKPD Tahun 2020. Dua [2] diantaranya yaitu Pemprov NTT dan Kabupaten Sikka memperoleh penghargaan atas capaian 5 [lima] kali berturut-turut memperoleh WTP.

“Pada kesempatan ini, ijinkan kami mewakili Kementerian Keuangan untuk menyampaikan piagam WTP kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata sebagai apresiasi perolehan opini WTP oleh BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah [LKPD] Tahun 2020,” ungkap Santi dalam sambutan pembuka.

“Semoga capaian ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya,” tambahnya.

Yurgo Purab

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA