Bupati Thomas Ola Minta Kepsek Bersihkan Kotoran Korupsi di Lingkungan Sekolah

Lewoleba, Ekorantt.com – Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday melantik Kepala Sekolah SMP, SD, TK/PAUD di Aula Kantor Bupati Lembata, Senin (01/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Thomas Ola meminta kepala sekolah yang dilantik dianggap mampu menjadi sapu. Menjadi sapu yang mampu membersihkan sekolah di mana tempat kalian pimpin dari semua kotoran yang ada.

“Kotoran yang pertama, kotoran korupsi,” tandasnya.

Bupati Thomas Ola kemudian mengingatkan para kepala sekolah tentang banyaknya informasi miring terkait penggunaan dana BOS di sekolah-sekolah akhir-akhir ini.

“Berita akhir-akhir ini sangat tidak enak. Sangat tidak elok. Mencoreng wajah pendidikan di Kabupaten Lembata. Kepala Sekolah dengan seenaknya tanpa melihat regulasi, menggunakan dana Bos seenaknya, menggunakan Dana Komite seenaknya. Ditekan untuk memanfaatkan dana DAK semaunya,” kata Thomas Ola.

iklan

Terhadap ramainya informasi terkait penyalahgunaan dana BOS ini, Bupati Thomas Ola memerintahkan Inspektorat Kabupaten Lembata untuk melakukan audit keuangan di semua sekolah.

“Saya minta para kepala sekolah ini bekerja dengan integritas tinggi, dengan landasan yang bersih. Karena itu, semua sekolah harus diaudit dulu oleh Inspektorat. Dana BOS diaudit, penggunaan Dana DAK di sana diaudit. Dana Komite juga diaudit,” bebernya.

“Supaya apa, jangan sampai yang kita lantik hari ini suatu waktu berurusan dengan aparat penegak hukum,” sambungnya.

Yang dibutuhkan, kata Bupati Thomas Ola, kepala sekolah dengan integritas tinggi, jujur, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan.

Yurgo Purab

TERKINI
BACA JUGA