Pengurus ‘UMKM Naik Kelas’ Ende Dilantik, Yohanes Kaki: Kita Bantu Promosi Karya Kerajinan Lokal

Ende, Ekorantt.com – Menggeliatnya usaha industri rumah tangga hingga ke pelosok desa menuntut wadah yang dapat menjadi media promosi bagi peningkatan kesejahteraan anggota.

Hal demikian menjadi motif pembentukan organisasi UMKM Naik Kelas di Kabupaten Ende pada akhir Oktober 2021 lalu.

Di tengah usaha Indonesia untuk bangkit dari pandemi Covid-19 dan mendorong pemulihan ekonomi, Kamar Dagang dan Industri [Kadin] Indonesia sebagai organisasi pengusaha yang bergerak di bidang perekonomian diharapkan bisa menjadi lokomotif memediasi para pengusaha mikro untuk bergabung dalam organisasi kemitraan Kadin tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Kadin Edy Ganevo dalam sambutannya saat melantik Ketua UMKM Naik Kelas Kabupaten Ende Yohanes Kaki secara virtual.

Dikatakannya, UMKM diharapkan dapat menjadi pilar penting dalam kebangkitan ekonomi nasional. Sebab, jenis usaha para pelaku usaha sektor ini tersebar hingga ke pelosok wilayah, dan melibatkan banyak warga sekitar. Dampaknya tentu menciptakan lapangan kerja.

iklan

Sementara, Yohanes Kaki menyampaikan apresiasi kepada Kadin yang telah melegitimasi kepengurusan UMKM Naik Kelas Kabupaten Ende.

“Kami bersyukur Kadin merespek pembentukan organisasi UMKM Naik Kelas di Kabupaten Ende. Sesuai dengan namanya, semoga kehadiran wadah ini dapat memberi daya ungkit produksi, pemasaran maupun kualitas produk dan kerajinan lokal daerah agar bisa bersaing di era pasar bebas,” ungkap Yohanes.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia [PSI] tersebut menyebutkan banyak potensi industri kerajinan tangan di Ende dan NTT yang memiliki nilai eksotik dan ekonomis tinggi. Namun, karena kurangnya promosi, industri kerajinan tangan asal Ende, Flores maupun NTT kurang bersaing di pasaran.

“Saya yakin kita punya kualitas produk kerajinan tangan berupa souvenir, tas, dan lainnya yang bagus. Ini yang akan kita bantu promosi karya kerajinan lokal melalui wadah UMKM Naik Kelas,” kata Yohanes.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA