Inovasi Digital Obor Mas Dukung Pengembangan Ekonomi Anggota

Maumere, Ekorantt.com – Kesejahteraan anggota menjadi tujuan utama dari koperasi sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. Fungsi dan peran koperasi antara lain membangun potensi dan kemampuan ekonomi demi perbaikan kualitas hidup anggota.

Senada dengan itu, KSP Kopdit Obor Mas terus menata manajemen pengelolaan yang andal. Salah satunya dengan menerapkan teknologi digital dalam memberikan pelayanan kepada anggota.

Perkataan ini keluar dari mulut Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Andreas Mbete di Kefa, TTU pada 4 November 2021 lalu.

Digitalisasi pelayanan dipandang juga sebagai solusi bagi pengembangan ekonomi dan usaha produktif anggota. Tujuan akhir yang mau digapai, kata Mbete, adalah kesejahteraan anggota.

“Di mana KSP Kopdit Obor Mas terus melakukan pelayanan agar anggota sejahtera dengan melayani berbagai produk-produk baik simpanan maupun pinjaman yang ada. Anggota sangat terbantu dengan pinjaman dan pinjaman LPDB dengan suku bunga yang sangat murah,” jelasnya.

iklan

“Berbicara digitalisasi, KSP Kopdit Obor Mas telah memiliki mesin EDC ATM, mobil kas keliling, dan memiliki aplikasi-aplikasi seperti pendaftaran anggota secara online, aplikasi chatat di mana anggota mencatat semua transaksi uang masuk keluar dari usahanya, Obor Mas,” tambahnya.

Hal senada disampaikan General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Fredyanto Moat Lering. Menurutnya, sebagai koperasi pelopor digitalisasi koperasi, Obor Mas berusaha memaksimalkan pelayanan dengan menghadirkan berbagai aplikasi pelayanan berbasis digital.

Misalnya, aplikasi Obor Mas Pay, kata Yanto, memungkinkan mereka dapat bertransaksi kapan saja dan ke mana saja. Satu hal yang membuat anggota merasa terbantu adalah salah satu produk dari KSP Kopdit Obor Mas yakni rekening tabungan Sibuhar dapat dikoneksikan dengan rekening tabungan bank apa saja.

“Anggota dapat memindahkan uang mereka dari rekening tabungan Sibuhar mereka ke rekening bank mana saja dan juga sebaliknya dari rekening bank langsung dipindahkan ke rekening tabungan Sibuhar anggota. Dengan aplikasi ini pula anggota dapat melakukan transaksi berupa pembayaran tagihan dan juga top up pulsa, dan lain-lain,” bebernya

Yanto menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan pasar digital atau market place bagi anggota sehingga mereka dapat menjual hasil produksinya secara online.

“Jadi kami tidak hanya membantu anggota dari sisi permodalan tetapi juga dari sisi pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh mereka. Dengan demikian harapan kami agar mewujudkan UMKM Naik Kelas dapat terwujud sehingga dapat menghasilkan kemandirian ekonomi keluarga,” tandas Yanto.

Aplikasi permohonan pinjaman online dihadirkan semata-mata untuk memanjakan serta memudahkan anggota dalam hal pengajuan pinjaman.

“Anggota kami sebagian besar adalah PNS dan pegawai swasta potensial dan juga petani, buruh, dan lain-lain di mana mereka sedikit kesulitan untuk melakukan pengajuan pinjaman ke koperasi karena sibuk di kantor atau di tempat usaha/tempat kerja, sehingga dengan hadirnya aplikasi ini mereka sangat terbantu untuk mewujudkan hak-hak mereka,” pungkas Yanto.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA