Gempa Guncang NTT, Warga Berhamburan Selamatkan Diri

Maumere, Ekorantt.com – Gempa dengan magnitudo 7,4 mengguncang wilayah Larantuka, NTT pada Selasa (14/12/2021) siang.  Menurut data BMKG, pusat gempa berada di 112 kilometer barat laut Larantuka. Tepatnya koordinat  7,59 lintang selatan dan 122,26 bujur timur kedalaman 12 kilometer.

Guncangan gempa sangat terasa di Maumere, Kabupaten Sikka. Warga yang panik seketika berhamburan di jalanan kota.

Sejumlah warga berjalan kaki menggendong tas berisi pakaian dan bekal. Sebagiannya lagi menyelamatkan diri dengan menumpang kendaraan.

Tak mengherankan bila situasi lalu lintas macet tak karuan. Kendaraan, baik roda dua dan roda empat, menyesaki jalanan.

Kepanikan semakin menjadi-jadi saar beredar luasnya deteksi dini potensi tsunami. Sontak saja warga melarikan diri ke dataran yang lebih tinggi.

iklan

Tampak sejumlah warga melarikan diri ke Nita. Hal ini dilakukan karena lokasi Nita berada di ketinggian dan dirasa lebih aman.

“Kami sekarang sudah di Nita. Ada informasi tadi air laut naik na. Makanya kami lari ke Nita dengan oto,” ujar Dus, warga Perumnas Maumere.

Beredar pula kabar bahwa air laut naik. Hal itu membuat warga Maumere kembali terkenang akan bencana gempa ‘92

“Ini mereka yang di Wuring  bilang air laut naik. Air juga sudah sampai di Kampung Kabor. Jangan sampai seperti tahun 92. Kami mau jalan ke Nita,” kata Tania Jalan Anggrek Maumere.

Sementara itu, pantauan Pangkalan TNI AL Maumere mengonfirmasikan bahwa kondisi laut di perairan Teluk Maumere masih seperti biasa. Tak ada fenomena yang aneh.

“Masih aman,” tulis Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga melalui pesan WhatsApp.

TERKINI
BACA JUGA