KSP Kopdit Pintu Air KCP Yogyakarta Adakan Pelatihan Pembuatan Susu Jagung

Yogyakarta, Ekorantt.com – KSP Kopdit Pintu Air KCP Yogyakarta mengadakan pelatihan pembuatan susu jagung dan beberapa jenis kue berbahan dasar jagung di halaman Kantor KCP Yogyakarta, tepatnya di Jalan Petung 26A Papringan pada Minggu (9/1/2022).

Sekitar 21 ibu rumah tanggal yang terdiri dari anggota dan calon anggota dengan penuh semangat dan antusias mengikuti kegiatan yang dibimbing oleh Instruktur Ari Hartanti alumni UNY dan asistennya, Endang Andriani itu.

Selain berbagi ketrampilan, kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran masyarakat bahwa penggunaan akan manfaat jagung masih sangat terbatas. Padahal jagung bisa diolah menjadi 20 jenis makanan dan minuman.

Dijelaskan bahwa jagung ternyata bisa bernilai ekonomis tinggi, tidak sebatas pada jagung bakar dan jagung rebus.

Khusus susu jagung, bisa dijadikan pilihan bagi masyarakat yang menderita gizi rendah dan beberapa penyakit komorbid, seperti diabetes, cardiovaskuker, dan gangguan pencernaan.

iklan

Achmad Sudibyo selaku pemrakarsa dan inisiator kegiatan menekankan bahwa keterampilan membuat susu jagung bisa menjadi alternatif untuk menambah pendapatan. Sehingga ke depan diharapkan mampu menjadi branding bagi KSP Kopdit Pintu Air dan mampu menekan NPL (Non Perfoming Loan) atau kredit macet.

“Dengan membekali anggota koperasi dengan keterampilan usaha produktif diharapkan Non Perfomance Loan tidak akan lebih dari 5 persen,” jelasnya.

Sudibyo menambahkan bahwa KCP Yogyakarta akan melakukan pendampingan terhadap peserta untuk membuat IRT (Industri Rumah Tangga) dengan menggandeng para akademisi di bidang gizi yang ada di Yogyakarta, baik dari UGM maupun dari UNY.

Sementara itu, Ketua Komite KCP Jogyakarta, Guido Abong mengatakan, KSP Kopdit Pintu Air sangat peduli terhadap peningkatan kesejahteraan para anggota di Yogyakarta.

Pelatihan, kata Guido, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Para peserta pelatihan sangat senang dan berterima kasih kepada KSP Kopdit Pintu Air. Menurut mereka, jarang koperasi mempunyai kegiatan yang memberdayakan ekonomi para anggota seperti KSP Kopdit Pintu Air.

Mereka berharap kegiatan tersebut menjadi kegiatan tetap bahkan unggulan sehingga orang akan tertarik dan masuk menjadi anggota KSP Kopdit Pintu Air. Koperasi tidak sekadar  memberi pinjaman dan menerima angsuran namun ada kegiatan yang secara nyata membantu anggotanya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA