Lantik Kades Woloede, Bupati Don Sentil Masalah SDM dan Peran Orang Muda di Desa

Mbay, Ekorantt.com – Bupati Nagekeo, dr. Johannes Don Bosco Do menekankan dua hal penting saat Pelantikan Kepala Desa Woloede, Adrianus Saju pada Kamis (13/01/2021) di Lokawolo, Kecamatan Mauponggo.

Dua persoalan yang mesti dikendali oleh pemerintahan desa adalah masalah sumber daya manusia (SDM) dan peran kaum muda dalam membangun desa.

SDM yang perlu diperhatikan, kata Bupati Don, adalah mereka yang akan lahir dan mereka yang sudah lahir.

“Data menunjukan bahwa tahun 2021, ada 13 anak yang stunting. Ini ada yang salah urus ketika anak dalam kandungan sampai dia lahir di 1000 hari pertama kehidupan,” katanya.

Mengenai itu, Bupati Don berpesan kepada ibu desa dan PKK agar selalu memperhatikan sesama ibu-ibu yang akan  hamil dan ibu menyusui untuk dipastikan memperoleh makanan yang cukup.

iklan

“Oleh karena itu, setiap rumah harus pelihara ayam supaya bisa makan daging ayam dan telur ayam,” pesan dr. Don.

Politisi Nasdem itu menginginkan ke depan agar anak turunan tidak mengalami gagal tumbuh terutama gagal tumbuh di otak. Sebab, jika gagal tumbuh di 1000 hari pertama kehidupan, maka tidak bisa dikoreksi.

“Biar badan besar tapi tidak matang secara psikologis, emosional intelektualnya tidak berkembang. Kasihan yang jadi kepala desa lima belas tahun ke depan, omong dengan mereka tapi masyarakat juga tidak mengerti, tidak sampai ya karena stunting ini,” tutur Bupati Don.

Sementara, masalah lain yang diangkat Bupati Don saat itu ialah peran kaum muda dalam rangka membangun desa. Ia berharap, desa-desa di Nagekeo bisa memberi kelonggaran untuk kaum muda dalam proses pembangunan di desa.

“Untuk itu anak muda harus dikasih peran, ibu muda juga. Jadi ketua RT bisa rangkap jadi ketua KUB. Saya sudah bertemu dengan pengurus pusat OMK Wolosambi bersedia berjumpa dengan para kepala desa, ingin karang taruna dan OMK dijadikan satu sehingga pembinaan tidak menjadi sulit, pembinaan mereka jadi lengkap jasmani dan rohani,” katanya.

“Mendata betul apa minat dan bakat mereka. Dengan tujuan supaya mereka dapat mempersiapkan diri ketika mereka berkeluarga,” sambung Bupati Don.

Ia kembali berharap agar dalam penyusunan APBDes juga diperhatikan betul untuk pengembangan orang muda.

“Saya sangat berharap Pak Adrianus perhatikan ini dan  membenahi data serta mengandeng orang-orang muda. Data kita setiap keluarga akan semakin jelas sehingga kita membuat rencana berdasarkan data, berdasarkan data yang kita kumpulkan bukan selera,” ungkap Ketua DPD Nasdem Nagekeo itu.

Ian Bala

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA