Kisah Bernadus, Pekerja di Kebun Sawit yang Bahagia Jadi Anggota Pintu Air

Palu, Ekorantt.com – Tahun 2022 menjadi tahun rezeki buat Bernadus Baru. Selama 30 merantau kali ini dia menemukan kebahagiaan bisa merasa lebih dekat dengan tanah kelahiran Maumere, Flores hanya karena jadi anggota Pintu Air.

Bernadus adalah seorang pekerja di kebun sawit. Sudah 30 tahun, dia tinggalkan kampung halaman Maumere-Flores. Dia mengaku akses tempat tinggalnya di Lalundu, Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah sangat jauh dari kota.

Tinggal jauh di pedalaman membuatnya cukup kesulitan untuk menabung dan mengakses dana pinjaman dari berbagai lembaga keuangan. Ketika tim promosi dari KSP Kopdit Pintu Air Cabang Akkareso Makassar masuk ke wilayah tempat tinggalnya sontak ia bahagia.

“Saya pikir ini pas sudah, sudah jauh tinggalkan kampung halaman baru kalau untuk atur simpan dan pinjam uang di koperasi atau bank saja susah, jadi begitu Pintu Air masuk saya senang sekali,” ujar Bernadus.

Bernadus mengaku yang memperkenalkan KSP Kopdit Pintu Air kepada dirinya dan sesama perantau asal Flores adalah Didimus Dadi.

iklan

Sebagai sesama perantau Didimus Dadi mengemukakan bahwa uang dari hasil bekerja disimpan saja di rumah karena kesulitan untuk menabung ke bank atau pun lembaga keuangan lainnya.

“Uang kami dan sebagian masyarakat di sini kami simpan saja karena mau tabung di bank jauh tempatnya dan kalau mau ke lembaga keuangan  lain sepertinya tidak mungkin karen rutinitas keseharian sebagai pekerja sawit yang masuk pagi pulang sore,” tutur Didimus.

Kehadiran Pintu Air memberikan sosialisasi langsung menggerakkan banyak warga yang hadir dan langsung menjadi anggota. Termasuk  Bernandus Baru.

Sebagai anggota dengan nomor buku anggota 288.394, Bernadus pantas bahagia karena niatnya untuk membeli sepeda motor baru untuk kelancaran pekerjaan pulang pergi kebun sawit terwujud.

Mengaku kesulitan mengakses upaya membeli motor jenis Honda Revo, Pintu Air jadi pilihan tepat untuk memenuhi keinginan dari Bernadus Baru.

“Terima kasih kepada pengurus dan managemen cabang Akkareso Makkasaar yang karena kepedulian mereka saya sudah tidak harus pake ojek lagi pergi dan pulang dari tempat kerja. Saya pasti jadi anggota yang setia,” ujar Bernadus dengan haru.

Ketua Komite KSP Kopdit Pintu Air Cabang Akkareso Makassar, Petrus Simon menjelaskan bahwa Bernadus Baru dan sesama perantau dari Flores adalah anggota potensial yang aktif selama menjadi anggota KSP Kopdit Pintu Air. Hari bersejarah penyerahan satu unit motor bagi Bernandus Baru itu pun terwujud pada Minggu, 16 Januari 2022 di Lalundu.

“Bapak Bernadus punya saham yang sudah lumayan besar. Ketika dia ajukan pinjaman dan meminta kami untuk langsung mengusahakan dalam bentuk barang berupa satu unit sepeda motor ya langsung kita fasilitasi,” ujar Petrus.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA