Pemkab Ende Bangun Pemecah Ombak di Warukasu

Ende, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Ende membangun tembok pemecah ombak di sepanjang pantai Warukasu dan pantai Ondorea Puukungu, Kecamatan Nangapanda. Rencananya, pemecah ombak dibangun sepanjang 550 meter dengan anggaran sebesar Rp1.02 miliar.

“Kami tegaskan, pemerintah pasti hadir di tengah masyarakat saat terjadi bencana. Semua hal teknis sedang diurus oleh BPBD. Dua atau tiga hari ke depan pembangunan sudah dimulai,” ujar Bupati Ende, Djafar Achmad saat berkunjung ke Dusun Warukasu, Selasa (15/2/2022).

Bupati Djafar menegaskan bahwa pemerintah akan berupaya mengalihkan pekerjaan para penduduk setempat, dari sebelumnya sebagai pengumpul batu hijau menjadi nelayan.

“Kita pikirkan secara serius. Sekarang sedang didata. Kita minta bapak ibu mereka untuk jadi nelayan. Berhenti untuk pilih batu. Seluruh fasilitas akan kita siapkan,” ujar Bupati Djafar.

Bupati Djafar juga memberikan bantuan 2,8 ton beras bagi 102 kepala keluarga di Dusun Warukasu.

iklan

Sementara itu, Camat Nangapanda, Irwan Nua mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan pimpinan OPD karena sudah berkunjung dan memperhatikan warga yang terdampak bencana abrasi.

“Atas nama masyarakat kami sampaikan terima kasih kepada Pemkab yang sudah membantu warga,” ungkap Camat Irwan.

Ikut bersama Bupati Djafar, Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede, Setda Ende Gusti Ngasu, Dandim 1602 Ende Nelson Paedo Marpaung, dan pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Ende.

Untuk diketahui, wilayah pantai Warukasu dan pantai Puukungu terkena dampak bencana abrasi beberapa pekan lalu saat dilanda cuaca ekstrem. Bencana tersebut menyebabkan robohnya bangunan posyandu di Desa Ondorea dan hilangnya pekerjaan 102 warga dusun Warukasu.

TERKINI
BACA JUGA