Kadis Sosial Sikka Siap Rancang Kolaborasi dengan Unsos GEPAK untuk Urus ODGJ

Maumere, Ekorantt.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sikka Rudolfus Ali mengemukakan bahwa pihaknya siap merancang kolaborasi dengan Unsos (Unit Sosial) dari Gerakan Pintu Air Amal Kasih (GEPAK) milik KSP Kopdit Pintu Air. Kolaborasi yang dirancang oleh Pemkab Sikka melalui Dinas Sosial akan fokus pada urusan penanganan kelompok rentan, terutama OdGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa).

“Pertama sekali kami patut menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang besar kepada Pintu Air melalui unit sosialnya yang mau terlibat dan ikut membantu pemerintah kabupaten untuk mengurus para OdGJ. Kedua, kedepannya kita akan merancang kolaborasi untuk mengurus sama saudara kita yang OdGJ ini,” demikian kata Kadis Rudolfus kepada Ekora NTT, 10 Maret 2022.

Kadis Rudolfus mengemukakan, pihaknya selama ini telah ikut melihat dan memantau kerja dari tim Unsos GEPAK yang telah ikut mengurus para OdGJ. Mulai dari proses pengurusan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) dan membangun relasi melalui desa dan juga Dinas Sosial Kabupaten Sikka untuk mengurus para OdGJ.

Lebih jauh Rudolfus juga memaparkan bahwa para OdGJ ini akan diberi perhatian khusus untuk bisa diberikan Kartu Sikka Sehat (KSS).

“Ini program yang  bagus dari Bapak bupati dan wakil bupati saat ini agar warga Kabupaten Sikka bisa tercover dalam KSS. Sama saudara kita yang OdGJ ini akan kita beri perhatian juga untuk mendapatkan KSS,” ujar Rudolfus.

iklan

Sementara itu Kaban Kesbangpol Kabupaten Sikka, Servasius Sewar mengemukakan bahwa pihaknya telah mendapatkan pemberitahuan untuk pemberian izin dari kerja-kerja Unsos GEPAK.

Ia pun ikut mengapresiasi kerja unit sosial ini yang sungguh sangat membantu Pemkab Sikka.

“Kami tentunya juga sangat berterima kasih karena Pintu Air ikut menunjukkan andil dan cintanya melalui kerja kemanusiaan yang sangat berharga bagi sama saudara kita yang OdGJ di kabupaten ini,” ujar Servasius.

Untuk diketahui GEPAK terbentuk pada tahun 2021 atas inisiatif Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano. Semenjak itu, GEPAK memberikan perhatian lebih, mulai dari bekerja sama dengan Dinas Sosial serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk berkolaborasi mengurus OdGJ.

TERKINI
BACA JUGA