Pemerintah Kabupaten Sikka Gelar Musrembang RKPD Tahun 2022

Maumere, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka menyelenggarakan Musrembang Kabupaten Tahun 2022 dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2023 di Gedung Sikka Convention Center (SCC), Senin (4/4/2022).

Adapun tema Musrembang Kabupaten Sikka Tahun 2022 yakni, Peningkatan Kerja Sama Investasi Swasta, Pemerataan Ekonomi, Penurunan Kemiskinan, Pemberdayaan Masyarakat, Pemantapan SDM Unggul dan Kesejahteraan Terjamin.

Tujuan Musrembang Kabupaten Sikka adalah mengklarifikasi kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Sikka pada Musrembang RKPD di tingkat kecamatan dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program kegiatan dan sub kegiatan prioritas daerah.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo atau yang akrab disapa Robi Idong dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan musyawarah mengatakan, kali ini RKPD 2023 adalah akhir masa jabatan kepemimpinan dirinya bersama wakil Romanus.

“Di akhir penghujung periode ini, saya dan Bapa Romanus, kami akan habis-habisan, lebih teliti dalam penyusunan RKPD ini sehingga muatannya sangat kuat untuk masyarakat Sikka yang bahagia di 2023,” ungkap Robi.

iklan

Di tengah perhelatan pandemi Covid-19 yang cukup panjang selama dua tahun yang berdampak pada meningkatnya harga minyak goreng, Robi mengatakan belum bisa memprediksi apa yang terjadi di tahun 2023 nanti.

“Saya berharap di Kabupaten Sikka juga bisa memasukkan indikator, kita belum bisa meramalkan apa yang terjadi di 2023. Ini sebaiknya diantisipasi sehingga kita yang hadir di tempat ini, Roh Kudus turun dalam pikiran kita sehingga kata-kata dan usulan kita benar-benar sungguh menjadi harapan di tahun 2023,” kata Robi.

Robi Idong menambahkan, Sikka mempunyai ambisi untuk menjadi lebih baik, tentunya dengan melihat kemampuan keuangan.

“Kita punya ambisi untuk daerah menjadi lebih baik, tentunya hambatan-hambatan itu juga ada di sekeliling kita yang pertama kemampuan keuangan negara sudah mulai ketat. Apalagi kemampuan keuangan daerah, PAD kita berusaha untuk naik. Tapi tidak naik-naik,” ujarnya.

Ada berbagai kebijakan di setiap level pemerintahan sehingga dalam penyusuan RKPD Kabupaten 2023, lanjut Robi, Sikka bisa membangun daerah ini mengandalkan kekuatan sendiri dengan memanfaatkan program-program yang ada di pusat.

Sementara itu Ketua DPRD Sikka, Donatus David mengatakan, mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah di mana Pemerintah Daerah wajib menyusun RKPD Kabupaten.

Oleh karena itu, Donatus berharap dengan dasar hukum tersebut, dalam penjabaran perencanaan pembangunan daerah, pemerintah dapat menyusun RKPD Kabupaten Sikka Tahun 2023 dan meminimalisir terjadinya perbedaan pandangan antara tuntutan harapan kepada kepentingan rakyat dengan program yang telah direncanakan oleh pemerintah kabupaten.

Di samping itu, kata Donatus, hal ini akan mampu meminimalisir terjadinya ketidakpastian dari ketidakpauasan aspirasi yang tidak terpenuhi.

TERKINI
BACA JUGA