Nikmatnya Ayam Suwir Kemangi di Ruteng, Rasanya Lezat dan Autentik

Ruteng, Ekorantt.com – Salah satu menu makanan yang ditawarkan jika Anda sedang mengidamkan makanan jenis lokal di kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), adalah Ayam Suwir Kemangi.

Jenis menu ini tersedia di Kedai Lonto Cama Ruteng, terletak di samping kantor DPRD Kabupaten Manggarai. Percayalah Ayam Suwir Kemangi terasa lezat dan autentik.

Pemilik Kedai Lonto Cama, Ical Irenius menyebutkan bahwa jenis makanan ini baru disediakan sejak dua hari yang lalu. Namun, pelanggan sudah banyak yang mencicipi, baik yang makan di tempat maupun antar langsung ke rumah mereka.

Bahan-bahan yang disediakan dalam membuat makanan ini di antaranya, daging ayam, daun kemangi, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, jahe, kunyit, batang serai, jeruk, dan saus tiram.

Namun, bahan ini akan dikoordinasikan dengan jenis sayuran seperti kol, kacang panjang, mentimun, dan buncis.

iklan

Ical menguraikan cara pembuatannya yakni, pertama masak daging ayam terlebih dahulu sampai matang, lalu disuwir menggunakan garpu Kemudian tumis bumbu sampai halus, lalu masukkan daun serai dan jeruk hingga harum.

Jika itu sudah selesai, masukkan ayam suwir dan diaduk sampai merata. Kemudian, tambahkan sedikit dengan air santan dan diaduk hingga merata. Setela itu masaknya sampai air berkurang, lalu ditambahkan saus tiram, gula, dan garam.

“Terakhirnya masukkan daun kemangi yang sudah dibersihkan lalu diaduk sampai rata. Ya, setelah itu siap dihidangkan,” katanya saat berbincang dengan Ekora NTT, Sabtu (5/3/2022) sambil menikmati Ayam Suwir Kemangi.

Ical bilang, hingga saat ini sudah banyak warga kota Ruteng yang memesan. Pihak Kedai Lonto Cama tetap melayani pesanan hingga antar sampai ke rumah.

Harganya terbilang cukup murah, semuanya serba Rp15.000, tapi rasanya membayangkan harga mencapai puluhan ribu rupiah.

Ambo, salah satu pengunjung mengaku hampir setiap hari menikmati santapan di tempat ini.

Dikatakan, dirinya sudah menjadi langganan, sebab menu-menu di tempat ini berjenis lokal, sehingga hal ini menjadi kesukaannya ketika istirahat makan siang.

“Yah, tentu enak. Saya selama ini makan di sini, tapi menu lain. Tapi, hari ini saya coba Ayam Suwir Kemangi, rasanya juga lebih enak dan lezat,” aku Ambo.

Jika Anda hendak memesan, hubungi nomor HP; 082247067238. Selain sedia Ayam Suwir Kemangi, tempat ini juga menyediakan Ayam Kecap, Ayam Balado, Ayam Serundeng, Ayam Woku, Ayam Goreng Bawang Putih Pedas Manis, dan Ayam Geprek Ekstra Sambal Pedas. Harganya serba Rp15.000.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA