Kelor Flores Timur dan Spanyol Terbaik di Dunia

Larantuka, Ekorantt.com – Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem, Julie Sutrisno Laiskodat, menyempatkan diri berkunjung ke Flores Timur.

Dalam lawatannya itu, ia menyebut kualitas kelor di Flores Timur dan Spanyol menempati urutan terbaik di dunia.

“Hasil uji lab di luar negeri, tanaman kelor di Pulau Solor Flores Timur itu kualitasnya terbaik tingkat dunia. Kelor Flotim dan di negara Spanyol urutan pertama,” ujar istri Gubernur Viktor Laiskodat saat memberikan sambutan penanaman kelor perdana di Desa Lewomuda, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, Jumat (29/04/2022).

Meski berada pada nomor urut pertama, Julie merasa sedih sebab masalah stunting di Provinsi NTT tergolong masih tinggi.

Menurutnya, khasiat kelor mengandung gizi. Hal itu, ungkap dia, dapat mengatasi masalah tumbuh kembang anak jika dimanfaatkan secara optimal.

iklan

“Satu mangkok daun kelor setara dengan tujuh belas mangkok susu. Dan, kalian punya kelor terbaik tapi berdasarkan data stunting tertinggi di Indonesia. Ini kontras nggak sih?” timpal Julie.

Sesuai slogan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat tentang Bangkit dan Sejahtera, Julie mengajak masyarakat Flotim agar mengonsumsi sayur kelor sebagai menu andalan.

Hal ini guna mengatasi gizi buruk dan mencegah stunting.

“Slogan Gubernur itu Bangkit dan Sejahtera. Kita harus konsumsi kelor, itu baru bangkit mencegah stunting,” tukas Julie.

Selain itu, ia juga kagum dengan potensi alam dan kearifan budaya Flores Timur yang indah dan beragam. Potensi itu bisa mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Di Bali hanya ada laut dan pantai tetapi sangat maju, sementara di NTT alamnya banyak dan punya 700 motif tenun. Seharusnya kita yang lebih maju,” imbuhnya.

Sementara itu, Uskup Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr, yang turut hadir dalam kunjungan tersebut mengatakan, Desa Lewomuda menyimpan banyak keaslian dan semangat gotong-royong yang tinggi.

“Lewomuda ini salah satu tempat paling berkesan. Mereka selalu hidup sederhana dan kompak. Hal itu merupakan warisan untuk saya sebagai seorang uskup,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Julie Laiskodat, karena sudah memberikan perhatian untuk Desa Lewomuda, kampung halamannya.

TERKINI
BACA JUGA