Lima Desa Dampingan Bank NTT Cabang Maumere Siap Ikut Festival Desa Binaan

Maumere, Ekorantt.com – Bank NTT Cabang Maumere pada 2022 tengah mendampingi 5 desa binaan untuk mengikuti Festival Desa Binaan Bank NTT.

Kepala Bank NTT Cabang Maumere, Yosefina G. Lely pada Rabu (11/5/2022) menjelaskan, Festival Bank NTT ini merupakan implementasi dari misi Bank NTT sebagai Pelopor Penggerak Ekonomi Rakyat dan menggali sumber potensi daerah untuk diusahakan secara produktif bagi kesejahteraan masyarakat NTT.

“Ada 5 desa binaan yang kita sudah siapkan untuk perlombaan festival tahun 2022 yakni Desa Egon, Desa Wairterang, Desa Kolisia B, Desa Watuliwung dan Desa Bloro,” jelas Lely yang didampingi Hans Mbete (Wakil Pemimpin Bank NTT Cabang Maumere), Kris Natalis (Officer Kredit), dan Atho Tokan (Staf Analisis Khusus Kredit Mikro).

Menurut Lely, demikian ia akrab disapa, kelima desa binaan yang didampingi Bank NTT ini merupakan rekomendasi dari Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo.

“Kami menyampaikan ke Pak Bupati bahwa Bank NTT adakan kegiatan Festival Desa Binaan, kemudian Pak Bupati menentukan desa-desa mana saja yang mau dijadikan sebagai desa binaan untuk diikutsertakan dalam kegiatan festival,” ujarnya.

iklan

Lebih lanjut, ungkap Lely, festival ini bukanlah menjadi ajang kejuaraan namun ada sisi lain yang bisa diberdayakan yakni bagaimana dalam pendampingan ini pihaknya membentuk dari awal desa-desa binaan tersebut agar bisa memanfaatkan sumber-sumber potensi lokal yang ada di desa.

Namun yang terpenting sebagai Bank milik Pemda NTT, kata Lely, mengaksentuasi pernyataan Direktur Utama Bank NTT, Alex Riwu Kaho maka program ini sebagai upaya mendukung Pemerintah Daerah Provinsi NTT dalam mengentaskan kemiskinan di NTT.

Tak hanya itu, Lely tegaskan , kegiatan tersebut untuk mendesain pembinaan bagi masyarakat desa berupa peningkatan literasi keuangan, pelatihan dan pendampingan masyarakat desa yang ada di NTT melalui Festival Desa Binaan Bank NTT.

Selain Festival Desa Binaan, lanjut Lely, ada juga Festival Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa, sehingga dalam pendampingan ini Bank NTT Cabang Maumere menganjurkan agar desa-desa binaan terlebih dahulu membentuk BumDes untuk mengelola potensi-potensi lokal di desa binaan Bank NTT ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TERKINI
BACA JUGA