562 Warga Kota Palu Gabung KSP Kopdit Pintu Air

Palu, Ekorantt.com – Sebanyak 526 orang warga kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan sekitarnya mendaftarkan diri dan mendapat pelayanan dari Kopdit Pintu Air.

Ketua Komite Cabang Akaresso-Makassar, Petrus Simon nampak gigih memimpin Roadshow Tim dari kota Makassar untuk mensosialisasikan keunggulan Kopdit Pintu Air.

Pihaknya menggunakan metode jemput bola atau langsung mendatangi warga di semua kota provinsi/kabupaten di Pulau Sulawesi.

“Diketahui, total uang yang diputar di Sulteng sudah mencapai Rp1.450.990.000,” kata Petrus.

Sebelumnya, jelas Petrus sebagaimana diberitakan Fortuna Press, Senin (16/5/2022), sebanyak puluhan ribu orang dari kota lainnya di Sulawesi khususnya di Makassar (Sulses) dan Manado (Sulut) telah bergabung menjadi anggota Koperasi Pintu Air.

iklan

Pada awal Maret 2021, lanjut dia, Tim dari Kantor Cabang Akareso-Makassar atas arahan dari Pengurus Pusat Kopdit Pintu Air melakukan ekspansi pelayanan ke Palu Provinsi Sulawesi Tengah dan kota-kota sekitarnya.

“Alhasil ribuan warga telah bergabung dan kini mendapatkan pelayanan paripurna dari Koperasi Pintu Air,” tandasnya.

Untuk kota Palu misalnya, urai Petrus Simon, dalam hitungan beberapa bulan, Tim berhasil melipatgandakan jumlah anggota menjadi 526 orang dan dana yang bergulir di sana mencapai Rp1,450 miliar lebih.

Tidak hanya itu, kualitas pelayanan anggota pun ditingkatkan dengan penambahan staf serta menaikkan status kantor pelayanan.

“Dari awalnya hanya Kelompok ke Unit dan sekarang naik lagi menjadi Kantor Cabang Pembantu (KCP) Palu per-April 2022,” jelasnya.

Petrus Simon mengatakan lagi, saat ini dengan sumber daya yang ada, pihaknya dari Makassar terus memantau dan mendampingi semangat Staf Pintu Air di Palu dan kota lainnya dalam melayani anggota.

Adapun komitmen untuk menguasai pangsa pasar di pulau Sulawesi itu, kata Petrus, pertama, pihaknya selalu mendapat dukungan dan arahan dari Kantor Pusat agar terus berkoordinasi dengan tim di lapangan sehingga manajemen pelayanan anggota tetap berjalan baik.

Kedua, pihaknya juga bergerak kencang untuk memenuhi apa yang ditargetkan dari Kantor Pusat baik dari sisi jumlah anggota dan omset dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan anggota hingga ke titik terkecil.

“Tahun Baru, Rencana Kerja Baru dan strategi pun harus baru untuk bekerja memenuhi target yang diberikan oleh Kantor Pusat,” ujar Petrus Simon di hadapan tim manajemen dan para ketua kelompok saat Rapat Evaluasi Internal belum lama ini.

Arahan itu, katanya, menjadi pemicu agar teman-teman di lapangan dapat bekerja optimal dan terkoordinasi.

Perkuat di Kota Takalar

Petrus Simon mengatakan, saat ini Pengurus Komite dan Manajemen Cabang Akareso-Makassar menargetkan Kabupaten Takalar di Provinsi Sulawesi Selatan yang berjarak kurang lebih tiga jam dari Kota Makassar

“Sosialisasi awal sudah berjalan dan membuahkan hasil manis di mana ada 141 anggota baru yang bergabung,” kata Petrus.

Adapun lokasi yang ditargetkan Kopdit Pintu Air, tambahnya, di wilayah Takalar yakni di Taipa, Desa Soreang, Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan.

Diketahui, mayoritas mata pencaharian masyarakat di tempat ini adalah nelayan, penambak udang, ikan bandeng, dan kepiting.

“Sukses awal di Kabupaten Takalar tersebut tidak terlepas peran penting dan komunikasi aktif antara staf cabang Akareso Makassar dengan calon Ketua Kelompok Takalar Munawir Dg Ngalle dan Istrinya ibu Veronica Vedo Gego,” kata Petrus.

Musnawir Dg Ngalle dan Istrinya Veronica Vedo Gego. Foto:dok.Fortuna

Simon sangat optimis, kehadiran KSP Kopdit Pintu Air di Kabupaten Takalar sangat potensial dan menjadi jembatan strategis pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Calon Ketua Kelompok, Musnawir Dg Ngalle dan istri mengaku bangga dengan kehadiran Koperasi Pintu Air yang menawarkan bunga pinjaman murah selain bunga simpanan yang baik serta unggulnya produk dana solidaritas.

“Selama ini banyak warga desa yang terlilit dengan rentenir, nah dengan hadirnya Koperasi Pintu Air, bunga pinjaman murah. Bunga simpanan lumayan dan satu lagi yang unggul yakni dana solidaritas yang sangat berpihak pada anggota,” ujar Musnawir.

Untuk itulah, Musnawir mewakili anggota menyampaikan terima kasih kepada Pengurus dan Manajemen Kantor Pusat dan juga komite serta manajemen cabang Makassar.

Sementara Kepala Desa Soreang, Syarafuddin Dg Sere mengaku selama ini warganya banyak terbebani karena meminjam uang di rentenir dengan bunga begitu tinggi.

“Kehadiran Kopdit Pintu Air memberikan angin segar kepada warganya agar makin giat berusaha dengan sumber pembiayaan berbunga murah,” kata Syarafuddin.

“Kasihan warga saya, selama ini mereka banyak terbebani dengan meminjam uang di rentenir,” tambah Kepala Desa Soreang yang juga sudah bergabung menjadi Anggota Pintu Air itu.

Untuk diketahui bersama, Kopdit Pintu Air adalah salah satu koperasi besar tanah air, dengan jumlah anggota mencapai kurang lebih 313.000 orang dan menempati peringkat pertama nasional.

Saat ini, KSP Kopdit Pintu Air telah melebarkan sayap pelayannya ke 20 kota provinsi dan memiliki aset di atas Rp1,7 triliun.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA