700 Aparat Gelar Apel Gabungan Jelang Kunjungan Presiden ke Ngada

Bajawa, Ekorantt.com – Sebanyak 700 personel gabungan yakni TNI dan Polri menggelar apel pasukan pengamanan jelang kunjungan Presiden RI Joko Widodo di wilayah itu yang sedianya direncanakan besok, 1 Juni 2022.

Apel yang dipimpin Kasi Intel Korem 161/Wirasakti Kupang, Kolonel Kav Fadjar Wahyudi Broto dilaksanakan pada Selasa (31/5/2022) di Lapangan Lebijaga Bajawa.

Fadjar Wahyudi mengatakan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan ke Provinsi NTT merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada segenap masyarakat.

Karena itu, kesediaan pengamanan harus dibuat maksimal agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP harus selalu kita mulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas,” ujar Fadjar.

iklan

Menurutnya, pelaksanaan pengamanan memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan maksimal.

“Memegang teguh disiplin, jangan lengah serta ragu dalam bertindak, laksanakan koordinasi yang baik semua unsur yang di lapangan serta utamakan faktor keamanan personil dan materil,” pungkas dia.

Kapolres Ngada AKBP Abilio Dos Santos mengatakan, keamanan orang nomor satu di Indonesia ini merupakan tanggung jawab aparat keamanan, baik TNI maupun Polri.

Meski TNI menjadi leading sektor dalam pengamanan, tetapi Polri tetap memiliki peran penting dalam kegiatan tersebut.

“Seluruh petugas diharapkan dapat menjalin koordinasi baik saat melakukan pengamanan agar kunjungan Presiden wilayah hukum Polres Ngada dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Abilio menegasan, sejumlah lokasi yang diprediksi akan dikunjungi Presiden Jokowi harus disterilkan dari gangguan kamtibmas.

“Kami berharap situasi aman dan kondusif selama beliau (Presiden) melaksanakan kunjungan di wilayah hukum Polres Ngada,” tandas Abilio.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Dir Samapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, Wadir Pam Ovit Polda NTT AKBP Satrya Perdana P.T. Binti, S.I.K, Dandim 1625/Ngada Letkol Ferdinand, Kapolres Ngada AKBP Abilio Dos Santos.

Hadir juga Danyon Armed 20/155 GS Letkol Arm Boby, Danyon Arhanud 9/Jayanta Letkil Arh Kiki Aji Wiriawan, Dandenpom IX/1 Kupang Letkol Cpm Joao Cesar DacostaCorte Real, Ketua Kejaksaan Zulkifli Nasition, Wakil Bupati Raymundus Bena, dan para Perwira Staf Polres Ngada dan Kodim 1625/Ngada.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA