Rintis Usaha Pangkas Rambut, Yanuarius Belajar Autodidak 

Bajawa, Ekorantt.com – Berawal dari modal nekat, Yanuarius mulai merintis usaha pangkas rambut yang terletak di Kelurahan Mataloko, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada.

Usahanya ini diberi nama Jeltelmen shop. Keahliannya pun tidak diragukan lagi oleh masyarakat sekitar.

Saat disambangi Ekora NTT, Yanuaris tampak profesional saat menata rambut para pelanggan yang menggunakan jasa pangkas rambutnya. Sesekali ia tampak bercerita dengan pelanggan sambil beberapa kali melepaskan senyumnya.

Pria yang memiliki nama lengkap Yanuarius Arkadius Dewang ini mengaku ide untuk membuka usaha tersebut berawal dari dirinya melihat tidak adanya pangkas rambut di tempatnya tersebut.

“Awalnya lihat di tempat ini tidak ada usaha pangkas rambut, sehingga saya ada ide untuk membangun usaha ini,” ujarnya, Selasa (07/06/2022).

iklan

Menurutnya, pada awal, ia mengalami kendala modal untuk memulai usahanya ini, namun berkat keberaniannya, ia melakukan pinjaman di salah satu koperasi di Kabupaten Ngada.

Yanuarius mengaku, keterampilannya memangkas rambut itu dilakukannya secara autotidak tanpa mengikuti pelatihan pangkas rambut.

“Kalau keterampilan pangkas rambut saya belajar secara autodidak tanpa mengikuti pelatihan apa pun,” ungkapnya.

Menurutnya, biaya juga sangat merakyat yakni Rp20.000 untuk dewasa sedangkan anak-anak sebesar Rp15.000.

Dikatakannya, berkat keberaniannya tersebut, kini ia bisa mendapat omset jutaan rupiah per bulan dari usaha pangkas rambut ini.

“Kalau pendapatan kotornya dalam sebulan sekitar tiga juta rupiah,” katanya.

Dari pendapat tersebut Yanuarius sisipkan untuk kebutuhan sehari-harinya sambil menyimpan sedikit pendapatan yang diperolehnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA