Tarian Ja’i Meriahkan Pembukaan Turnamen Bhayangkara Cup 1 Manggarai Timur

Borong, Ekorantt.com – Ja’i, tarian khas masyarakat Kabupaten Ngada, turut memeriahkan pembukaan turnamen Bhayangkara Cup 1 Manggarai Timur yang diselenggarakan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Waelengga, Kecamatan Kota Komba, Jumat (1/7/2022).

Tarian ini dibawakan oleh Komunitas Tarian Ja’i Kelurahan Watunggene saat mengantar Ketua PSSI Manggarai Timur Boni Hasudungan Siregar bersama rombongan menuju lapangan Waelengga.

Para penari – pria dan wanita – tampak mengenakan pakaian adat khas masyarakat Ngada dan mulai menari dari depan rumah jabatan Camat Kota Komba menuju lapangan bola kaki, diiringi bunyi tabuhan gendang dan gong. 

Ketua Panitia Bhayangkara Cup 1 Manggarai Timur Mikael Pakur menjelaskan bahwa Tarian Ja’i melambangkan persaudaraan, kekeluargaan, dan persahabatan.

“Panitia memilih tarian Ja’i supaya selama pelaksanaan turnamen ini, selalu terjalin persaudaraan, persahabatan, dan kekeluargaan,” katanya.

iklan

Tentang Bhayangkara Cup 1

Pakur menjelaskan bahwa Bhayangkara Cup 1 Manggarai Timur digelar dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara RI ke-76.

Menurutnya, turnamen yang diikuti oleh 28 klub bola kaki asal Kabupaten Manggarai Timur, Manggarai dan Ngada ini, bertujuan untuk meningkatkan bakat dari pemain-pemain muda di Pulau Flores, khususnya dari tiga kabupaten yang terlibat.

“Selain itu, turnamen ini juga bertujuan untuk mencari pemain berbakat dan menjalin persaudaraan dan persahabatan sesama masyarakat,” ujarnya.

Sekretaris Daerah yang juga menjabat Ketua PSSI Manggarai Timur Boni Hasudungan saat menendang bola membuka kegiatan turnamen Bhayangkara Cup 1. (Foto: Sie Dokumentasi Bhayangkara Cup 1)

Turnamen Bhayangkara Cup 1 ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah sekaligus Ketua PSSI Kabupaten Manggarai Timur, Bonifasius Hasudungan.

Dalam sambutannya, Hasudungan mengajak semua tim yang berlaga di turnamen ini untuk menjaga sportifitas.

“Ada pemain usia 17 tahun dari Pulau Flores sudah berlaga di turnamen Nasional. Untuk itu, turnamen ini untuk mengembangkan bakat dalam olahraga sepakbola sehingga kedepannya pemain-pemain muda berbakat dari Manggarai Timur mampu bermain di kancah Nasional,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Hasudungan juga menyampaikan terima kasih kepada penari Ja’,i yang sudah memeriahkan acara pembukaan turnamen tersebut.

“Terima kasih juga kepada panitia yang dengan kerja kerasnya menyelenggarakan turnamen ini,” ucapnya.

TERKINI
BACA JUGA