Orang Muda di Nagekeo Harus Berani Berwirausaha

Mbay, Ekorantt.com – Anak-anak muda atau kaum milenial di Kabupaten Nagekeo harus berani berwirausaha untuk menjadi seseorang pengusaha. Dengan begitu, anak muda bisa menjalani kehidupannya secara mandiri dan bisa menghidupkan sendiri.

“Pilihan untuk berusaha itu berbeda-beda. Ada yang namanya intrapeneur atau karyawan sambil berusaha, entrepeneur artinya memiliki usaha sendiri, ekopreneur (lingkungan), dan sosial entrepreneur (sosiality),” ujar Patris Lali Wolo saat menyajikan materi kewirausahan kepada Orang Muda Katolik (OMK) dalam momentum Ndora Youth Day di Balai Pelatihan Desa Ulupulu 1, Kecamatan Nangaroro, Kamis malam.

Patris ialah pelaku usaha ayam sekaligus Anggota DPRD NTT. Ia telah sukses berusaha ayam yang kini tercatat sudah 2,2 juta ekor ayam beredar di sejumlah wilayah di NTT.

Politisi PDIP ini berujar, hanya nyali atau keberanian seseorang yang bisa membawa suatu usaha berhasil.

“Saya katakan bahwa modal utama dalam usaha bukan uang. Tetapi kalau punya nyali untuk berusaha maka anda sudah punya modal untuk berwirusaha,” ujar dia.

iklan

Prinsip usaha yang harus dipegang teguh, Patris melanjutkan, ialah keberanian. Dengan keberanian atau nyali maka seorang bisa mencapai kesuksesan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

“Prinsip berusaha harus punya nyali. Untung itu teka teki, rugi pasti, itu baru anak main,” kata Patris.

Patris mendorong orang muda harus berani berwirausaha untuk menata masa depan yang lebih baik. Orang muda harus bangun usaha sendiri, tidak lagi mencari lapangan pekerjaan apalagi menghilangkan lapangan pekerjaan.

“Saya berharap, setidaknya setelah pertemuan ini bisa menghasilan pelaku usaha walaupun sedikit orang. Harus nyali dan maju orang muda,” kata Patris.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA