Cegah PMK, Kapolres Ngada Perintah Anggota Kawal Keluar Masuk Hewan

Bajawa, Ekorantt.com – Kapolres Ngada AKBP Padmo Arianto memerintah anggota polisi untuk melakukan pengawasan keluar masuknya hewan yang wilayah kerja masing-masing.

Hal tersebut ditegaskan Kapolres Padmo saat melakukan analisa dan evaluasi bulanan atas kinerja Bhabinkamtibmas di Aula Lantai Dua Polres Ngada, Rabu (20/7/2022).

“Laksanakan langkah-langkah pencegahan, penularan dan penyebaran pencegahan mulut dan kuku (PMK) dengan melakukan pemeriksaan terhadap keluar masuknya hewan ternak di wilayah masing-masing,” kata dia.

Dalam arahannya, Padmo meminta para personil yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait gejala-gejala PMK.

Gejala yang ia sebutkan seperti air liur berlebihan, lumpuh, luka sekitar mulut, gusi, kuku, puting, hewan lebih sering berbaring dan demam tinggi.

iklan

Ia juga meminta agar para aparat bisa mengetahui warga yang ada di tempat tugas dan nomor handphone anggota harus diketahui oleh warga agar bisa terjalin komunikasi yang baik.

“Bhabinkamtibmas adalah mata dan telinga pimpinan terhadap perkembangan situasi dan kondisi di lapangan,” ucap Kapolres.

Selain itu, para anggota harus mengatahui data warga binaan yang belum mendapat vaksinasi Covid-19. Berdasarkan data yang disampaikan Padmo vaksin dosis pertama sudah mencapai 94,97 persen, dosis kedua 72,38 persen dan dosis ketiga 12,24 pesen.

“Vaksin untuk Kabupaten Ngada diperkirakan kurang lebih satu minggu ke depan akan tiba dan kita akan galakkan kembali kegiatan vaksinasi di wilayah kita,” kata Padmo.

TERKINI
BACA JUGA