Bupati Andreas Beber Capaian Pemerintah Saat Apel HUT RI ke-77

Bajawa, Ekorantt.com – Bupati Ngada Andreas Paru menyampaikan sejumlah capaian selama ia bersama Wakil Bupati Raymundus Bena memimpin Kabupaten Ngada di tahun pertama.

Dalam pidatonya pada HUT RI ke-77 di Lapangan Kartini, Bupati Andreas mengatakan tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 yang mana hasil pelaksanaan berbagai agenda pembangunan di tahun pertama telah membawa dampak positif dan menggembirakan yang ditunjukan pencapaian beberapa indikator makro.

Menurutnya, publikasi resmi BPS telah menunjukkan adanya pergerakan positif dalam hal pencapaian indikator RPJMD setelah tahun pertama diantaranya laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ngada kembali meningkat menjadi 1,11 persen, dari 0,04 persen akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, angka prevalensi stunting berada pada kondisi 15,7 persen mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada kondisi 11,7 persen.

“Angka penggangguran terbuka yang mengalami penurunan yang signifikan dari 4,69 persen pada tahun sebelumnya menjadi 2,99 persen,” ujar Andreas.

iklan

Tidak hanya itu, ratio pemukiman kumuh menunjukkan pencapaian yang menggembirakan dari 3,14 persen menjadi nol persen pada saat ini.

“Rata-rata kecepatan tempuh antar kawasan prioritas mengalami peningkatan dari 27,78 km per jam tahun sebelumnya menjadi 28 km per jam,” sebutnya.

Sementara indikator makro lainnya seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat kemiskinan, usia harapan hidup, indeks resiko bencana, indeks reformasi birokrasi, dan angka konflik sosial, semuanya berada pada trend positif.

Diharapkan akan mengalami pergerakan ke arah yang lebih baik seiring dengan intervensi program dan kegiatan tahun-tahun selanjutnya.

Hal tersebut tentunya memberikan rasa optimisme yang tinggi bagi pemerintah dan segenap komponen pelaku pembangunan di Kabupaten Ngada untuk semakin optimal mengerahkan semua-sumber daya untuk kemajuan daerah, kata Andreas.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA